Woow Buah Terbesar di Dunia Ini Tumbuh di Indonesia, Tinggi Pohon Hingga 30 Meter

Pisang Musa Ingens ini memiliki buah dengan panjang hingga 20 cm dengan ukuran diameternya bisa 4-6 cm

9 September 2021, 18:10 WIB

SKALA.ID – Pohon tumbuh subur di daerah tropis, termasuk di wilayah Indonesia. Namun tidak banyak yang tahu bahwa pisang terbesar di dunia ternyata tumbuh subur di bumi Cendrawasih.

Pohon pisang Musa Ingens merupakan pisang terbesar di dunia dan tumbuh di pegunungan , . Oleh warga setempat dikenal dengan nama ndowin atau apit sepoh. Berasal dari bahasa lokal warga Kampung Banfot, Kabupaten Tambrouw, .

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Masuk Mall, Begini Ini Cara Menggunakannya

Dikutip dari laman Indonesia.go.id, pohon pisang terbesar di dunia ini batang pisangnya memiliki tinggi mencapai 24 meter hingga 30 meter atau setara dengan 6 hingga 7 kali pohon pisang pada umumnya. Diameter pohon pisang musa ingens mencapai ukuran 95 cm.

Pelepah pada pohon pisang normal biasanya tidak lebih dari 2,5 meter, namun jenis pisang raksasa ini memiliki panjang hingga lima meter dengan lebar sekitar satu meter.

Biasanya dimanfaatkan sebagai atap rumah darurat di hutan. Sebagai alas duduk, dan alas makanan. Sedangkan pelepah, katanya, untuk menyimpan hasil buruan atau hasil kebun.

Baca Juga: Pro-kontra Warganet Pasca Pengakuan Coki Pardede Miliki Kelainan Seksual Usai Ditangkap Polisi

(BP2LHK) Manokwari menyebutkan, pisang raksasa yang ditemukan di Papua ini tumbuhan endemik dan memiliki nama latin Musa ingens atau Musa ingens NW Simmonds.

Pertama kali pisang raksasa ini, dikoleksi sebagai spesimen oleh Womersley JS dan Simmonds NW, pada 22 Desember 1954 di New Guinea. Pisang itu disimpan sebagai spirit colection pada Herbarium Kew Inggris.

Artikel Terkait