Vaksin Covid Saat Menstruasi, Aman?

Vaksinasi saat menstruasi ada sedikit kekhawatiran yang muncul karena saat menstruasi akan timbul sejumlah

29 Agustus 2021, 23:46 WIB

SURABAYA yang sedang mengalami haid tetap diperbolehkan aman untuk divaksinasi. Ada sedikit kekhawatiran yang muncul karena saat akan timbul sejumlah keluhan seperti kram perut, kelelahan, mual, perut kembung, dan sebagainya.

Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinkes Prov Jatim, Gito Hartono SKM MMKes, mengatakan, saat haid dibolehkan, aman dan tetap bisa disuntik , asal suhu tidak lebih 37, 5 derajat Celsius.

Jika ditemukan gejala lain, seperti nyeri haid yang tidak tertahankan, maka vaksinasi bisa ditunda 1-3 hari sesuai dengan gejala yang dialami. Sebab keluhan saat haid biasanya berlangsung 1 hingga 3 hari pertama saja.

Baca Juga: Kenalkan Tenun Ikat Khas Kediri, Agar di Kenal Dunia

“Jika ada keluhan lain selain haid maka vaksinasi bisa ditunda sampai keluhan hilang,” katanya dikutip dari laman kominfo.jatimprov. go.id

Lebih lanjut dikatakannya, sebaiknya minum Paracetamol jika demam menggigil atau pegal-pegal setelah vaksinasi, hindari menekan memijat atau menggosok lokasi bekas suntikan.

“Kecuali saat haid nggak sehat, waktu vaksinasi. Jadi nggak sehat atau sakitnya yang menjadi dasar. Bukan haidnya,” pungkasnya. (Ian) ***

Artikel Terkait