UNS Solo Lolos Peringkat ke-6 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

6 Februari 2022, 13:18 WIB

SKALA.ID– Webometrics Ranking of World Universities 2022 menempatkan UNS sebagai perguruan tinggi terbaik ke-6 di Indonesia dan ke-1.144 di dunia. Diketahui hasil pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities telah diperbarui pada Jumat (4/2) kemarin.  

Webometrics Ranking of World Universities merupakan pemeringkatan yang dilakukan oleh Cybermetrics Lab, sebuah riset grup di bawah naungan Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) yang menjadi lembaga riset publik terbesar di Spanyol. 

Dimana terdapat tiga indikator yang digunakan dalam menilai kualitas setiap perguruan tinggi, yaitu visibility (impact) sebesar 50 persen, transparency (opennes) sebesar 10 persen, dan excellence (scholar) sebesar 40 persen.


BRIN Kunjungi PUI Baterai Lithium UNS

Dari ketiga indikator ini, impact rank UNS berada di peringkat ke-487 dunia. Sementara openness rank berada di peringkat ke-1.028 dunia dan excellence rank berada di peringkat ke-2.507 dunia. 


Rektor UNS,  Jamal Wiwoho mengaku bersyukur sebab UNS menempati jajaran perguruan tinggi top di Indonesia. Tak lupa dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberi kontribusi pada naiknya peringkat UNS di Webometrics 2022.


“Kita kan menempati peringkat ke-6. Ini harus kita syukuri bersama. Kemudian kerja keras lagi. Untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan reputasi kita di tingkat internasional,” jelas Jamal dalam rilis tertulis Minggu, 6 Februari 2022.

Keren, Bengawan UV UNS Borong Tiga Juara di Ajang KKCTBN 2021


Dengan hasil tersebut, Rektor juga mendorong Direktur Kerjasama, Pengembangan, dan Internasionalisasi UNS, Irwan Trinugroho, bisa memompa poin-poin yang harus ditingkatkan dan mengamati dinamika di tingkat internasional.

“Tidak hanya Webometrics tapi juga pada pemeringkatan lain, seperti 4ICU dan Asian University Ranking juga harus ditingkatkan,” lanjut Prof. Jamal.

Meskipun UNS juga akan dinilai oleh lembaga pemeringkatan yang berbeda-beda, ia mengaku tidak khawatir. Sebab, kriteria yang ditetapkan masing-masing lembaga pemeringkatan dapat dipenuhi oleh UNS.***

Artikel Terkait