Tim Ekspedisi Beberkan 7 Temuan Isi dasar Sumur Neraka Yaman

Tim ekspedisi gua asal Oman membeberkan isi didalam 'Sumur Neraka' yang berhasil menjelajah hingga kedasar sumur. Sepert apa saja yang ditemukannya

4 Oktober 2021, 10:34 WIB

SKALA.ID – Banyak mitos lokal bermunculan untuk menjelaskan ‘’ atau Sumur Barhout. Sebagian besar menggambarkan ‘’ sebagai .

Baru-baru ini tim ekspedisi gua asal Oman membeberkan isi didalam ‘’ yang berhasil menjelajah hingga kedasar sumur. Sepert apa saja yang ditemukannya.

Tim ekspedisi gua asal Oman menjadi satu-satunya tim yang mampu menembus ‘Sumur Neraka’. Tak hanya berani, tim ekspedisi yang dipimpin langsung Al Kindi juga berhasil mencapai dasar dari Sumur yang terletak di tengah gurun dekat Provinsi Al Mahra, bagian timur.

Baca Juga: 16 Ciri dan Tanda Orang Punya Pesugihan Tuyul, Serta 7 Cara Penangkal

Sebelum turun menelusuri 112 meter kedalaman sumur, sempat ragu saat sudah di mulut sumur yang memiliki kelebaran 30 meter ini.

Namun keraguan itu sirna, tak kala dorongan untuk mengungkap isi didalam sumur lebih besar. Akhirnya tim ekspedisi ini pun mulai menelusuri setiap bagian didalam sumur neraka yang diperkirakan usiannya jutaan tahun.

Isi dasar Sumur Neraka Yaman

Tim ekspedisi mulai menuruni Sumur Neraka di Yaman (tangkapan layar YouTube berbagi ilmu)

1. Mata Air Murni

Mohammad Al Kindi bersama timnya menemukan mata air murni yang segar di dasar gua. Padahal sumur ini terkenal dengan mitos sebagai gua yang ‘jahat’ dan airnya berbahaya untuk diminum.

“Kami bahkan minum satu botol penuh dan tidak ada yang terjadi pada kami!” katanya seperti dikutip dari Live Science.

2. Ular

Al Kindi mengungkapkan bahwa berdasarkan penelusuran timnya tidak ditemukan hal aneh dan tidak ada efek kutukan atau hal mengerikan lain seperti yang disebut-sebut penduduk setempat di dalam ‘Sumur Neraka’.

Al Kindi bersama timnya hanya menemukan banyak ular selama enam jam berada di dalam gua.

“Ular-ular ini berkembang biak ketika tidak ada predator yang memakannya. Itu biasa,” katanya.

3. Air Terjun Kecil

Dari dalam lubang pembuangan, Al Kindi dan tim juga menemukan bahwa air muncul dari beberapa lubang di dinding gua sekitar 213 kaki atau 65 meter di bawah permukaan, kemudian menciptakan air terjun kecil.

4. Katak dan Kumbang

Para penjelajah juga melaporkan melihat katak dan kumbang di dalam gua.

5. Hewan mati

Ketika sampai di dasar gua, tim tak hanya berjelajah, tim juga mengumpulkan sampel air, batu dan tanah serta beberapa hewan mati. Hewan mati yang mereka temukan terutama burung yang tampaknya jatuh di dalam lubang.

“Kami mengumpulkan sampel air, batu, tanah, dan beberapa hewan mati tetapi belum dianalisis,” kata Mohammed al-Kindi, seorang profesor geologi di Universitas Teknologi Jerman di Oman yang merupakan bagian dari tim OCET.

6. Mutiara gua

Elemen paling ajaib yang dilihat Al Kindi adalah mutiara gua yang bersinar melalui air terjun bawah tanah.

Menurutnya, mutiara gua itu adalah endapan kalsium karbonat konsentris yang terbentuk di sekitar inti di bawah air yang jatuh.

“Cincin-cincin ini dihaluskan oleh gerakan air yang jatuh selama ribuan tahun hingga membentuk bentuk mutiara yang indah,” ujar Kindi.

7. Stalagmit 9 meter

Saat tim OCET turun ke lubang itu, mereka tiba di lantai yang tidak rata dan bergerigi yang ditutupi stalagmit, beberapa di antaranya mencapai ketinggian 30 kaki (9 meter).

Selama berabad-abad silam, cerita rakyat telah beredar. Diceritakan ada sebangsa jin dan tokoh gaib yang menghuni bawah sumur tersebut.

“Beberapa orang mengatakan di sanalah orang-orang murtad dan orang-orang yang tidak percaya disiksa setelah kematian,” ungjap ahli geologi dan pemilik Pusat Konsultasi Ilmu Bumi seperti dikutip skala.id dariThe National, Senin 4 Oktober 2021.

Baca Juga: Mahkamah Agung AS Menolak Memblokir Larangan Aborsi Texas

Artikel Terkait