Tilang Kota Solo, Kini Bisa Bayar dengan Online, Ikuti Caranya

Kena tilang di Solo, bisa bayar secara online

7 Maret 2022, 22:45 WIB

SKALA.ID – Tilang elektronik adalah sistem yang mencatat bukti pelanggaran pengendara di jalan raya. Dengan memanfaatkan Closed Circuit Television (CCTV) sebagai pengawas dalam membantu tugas polisi lalu lintas.

Titik lokasi di telah dipasang CCTV, antara lain Simpang Kerten, tepatnya di depan Mall Solo Square; sebelah barat Perempatan Faroka; Jalan Adi Sucipto, tepatnya di depan gedung DPRD Kota Surakarta; Jalan Slamet Riyadi, tepatnya di depan rumah dinas Walikota (Loji Gandrung), Jalan Kolonel Sutarto, tepatnya di depan RSUD Moewardi.

Jalan Letjen Suprapto, tepatnya di simpang lima Sumber, Kecamatan Banjarsari, Jalan Adi Sucipto, tepatnya di depan TK Pembina Manahan, dan lain-lain, lebih lengkapnya bisa dicek melalui Aplikasi Dishub Surakarta.

Kepala Operasi Damai Cartenz Pimpin Evakuasi Penyelamatan Karyawan PTT Di Distrik Beoga

Apabila pengendara terbukti melanggar, maka surat tilang elektronik akan dikirimkan langsung ke alamat pemilik kendaraan. Kemudian pemilik, diwajibkan mengkonfirmasi secara online atau offline.

Besaran biaya yang dikenakan berbeda-beda, tergantung pada jenis pelanggaran lalu lintas yang dilakukan. Biaya dapat dibayarkan usai sidang pengadilan dan telah ditetapkan putusan dari pengadilan. Apabila H-4 dari tanggal sidang belum dibayarkan, maka e-tilang/Nomor Briva secara otomatis bisa berubah.

Namun, aturan ini dapat berubah sewaktu-waktu. Pelanggaran yang dibebankan, meliputi pelanggaran marka dan rambu lalu lintas, pelanggaran batas kecepatan, kesalahan jalur, kelebihan daya angkut dan dimensi, menerobos lampu merah, melawan arus, mengemudi melebihi batas kecepatan, tidak memakai helm, tidak memakai sabuk pengaman, dan menggunakan ponsel saat berkendara.

Gelar Operasi, 33 Motor Berknalpot Brong Diamankan Polisi 

Untuk melihat putusan denda dan biaya perkara tilang elektronik, dapat melalui cara berikut.

Kunjungi laman resmi https://tilang.kejaksaan.go.id/, lalu input Nomor Register Tilang untuk melihat biaya denda yang harus dibayarkan. Teliti kembali dan pastikan Nomor Register beserta nama pelanggar telah sesuai.

Artikel Terkait