Tes Pramusim MotoGP di Cirkuit Mandalika Sukses Digelar

Tes pramusim MotoGP2022 di Mandalika/dok. motogp.com

13 Februari 2022, 23:40 WIB

SKALA.ID – Tes resmi pramusim MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika memasuki hari terakhir. Pebalap Tim Repsol Honda, Pol Espargaro, membukukan waktu tercepat, 1 menit 31,060 detik pada tes hari ketiga atau hari terakhir, Minggu (13/2/2022). Pencapaian Espargaro itu, menjadi rekor baru di sirkuit pendatang baru pada ajang balap motor paling bergengsi ini.

Sebagian tim pun mulai berkemas dan memilih pulang lebih cepat. Mereka membereskan semua perlengkapan dan bersiap pulang menuju negara masing-masing. Hal itu, tampak dari aktivitas di dalam garasi dan lapangan parkir tak  jauh dari garasi tim.

Sejumlah kru berbaju biru muda dari Suzuki Ecstar Team tampak mendirikan peti khusus berwarna putih dan memasukkan kuda besi Suzuki GSX-RR yang dikendarai dua jagoan mereka, Joan Mir dan Alex Rins. Aktivitas itu sudah dimulai sejak pukul 13.00 WITA dan terus berlangsung hingga sore ini.

Espargaro Pembalap Repsol Honda Ungguli Pembalap Juara Dunia 2021 Fabio Quartararo Saat Sesi Tes Pramusim MotoGP di Mandalika

Tampak pula motor milik pendatang baru Raul Fernandez (KTM Tech3), Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team). Espargaro pun tak melanjutkan lagi tesnya karena dalam pernyataan Repsol Honda Team di mana ia bernaung, tes Minggu pagi sudah cukup bagi mereka.

Selain itu sebanyak 24 pebalap dan ofisial serta seluruh kru yang berjumlah sekitar 500 orang akan segera meninggalkan penginapan mereka di kawasan The Mandalika, Minggu (13/2/2022) malam.

Demikian dikatakan Direktur Operasi dan Bisnis PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Arie Prasetyo, dalam koferensi pers yang diadakan di Media Center Indonesia 2022, Sirkuit Mandalika, Minggu (13/2/2022), dikutip dari laman InfoPublik.go. id

“Para pebalap happy dengan ekspektasi bisa melakukan pengetesan trek. Logistik juga berjalan dengan baik. Hari ini adalah latihan terakhir mereka di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika. Mereka akan meninggalkan Mandalika malam ini dan seluruh logistik mereka juga ikut diangkut. Mereka akan kembali dengan rombongan yang jauh lebih besar pada awal Maret 2022 nanti,” kata Arie.

Mobil Bung Karno Buatan Amerika Ikut Dipamerkan di Munas PPMKI di Solo

Ia mengakui ada sejumlah ofisial MotoGP yang tidak lolos saat dilakukan antigen hari Minggu sebelum mengikuti tes hari terakhir. ITDC bersama Kepolisian Daerah NTB dan Pemerintah Provinsi NTB telah melaksanakan sistem gelembung atau bubble pada kegiatan pramusim di Sirkuit Mandalika ini.

“Kami sudah menjalankan ketetapan pemerintah dengan melakukan bubble terhadap seluruh peserta MotoGP. Memang sempat ada beberapa terindikasi positif saat antigen. Kami masih menunggu hasil dari pemeriksaan kedua PCR dari mereka yang tidak lolos antigen,” jelasnya.

Ia menjelaskan, mereka yang terindikasi reaktif pada tes antigen dalam kondisi sehat.

Proliga 2022: Banyak Pemain Terpapar Covid-19, Dua Laga Ditunda

“Mudah-mudahan mereka tidak memiliki CT value yang rendah sehingga mereka bisa melakukan isolasi mandiri sebelum kembali negara masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Mandalika Priandhi Satria dalam acara yang sama menjelaskan, terkait dengan aspal yang terkelupas di lintasan, hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Dorna Sports selaku promotor MotoGP.

“Dorna belum menyampaikan keluhan mereka kepada pihak penyelenggara dan ITDC. Jika memang ada hal yang membahayakan, Dorna pasti akan melapor kepada Race Director MGPA untuk segera dilakukan perbaikan,” kata Priandhi.***

Artikel Terkait