Ternyata Ini Manfaat Aplikasi PeduliLindungi Bagi Masyarakat

Manfaat Aplikasi PeduliLindungi yang jarang orang tahu

8 Maret 2022, 23:02 WIB

SKALA.ID – Mungkin belum banyak masyarakat mengetahui dan memahami apakah fungsi dari PeduliLindungi yang saat ini dikampanyekan pemerintah.

Diketahui PeduliLindungi merupakan sebuah aplikasi yang diciptakan untuk membantu pemerintah dalam melakukan pelacakan digital mengenai penyebaran virus Covid-19.

Dengan adanya aplikasi ini, penularan Covid-19 lebih terkontrol dan dapat diketahui sejak dini, sehingga dapat menekan laju penyebarannya. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan, yaitu :

PPKM Jawa-Bali Kembali Diperpanjang, Aplikasi PeduliLindungi Diberlakukan di Lokasi Wisata

1. Ada Paspor digital yang menyediakan fitur sertifikat vaksin dan dapat diunduh sebagai bukti telah melakukan vaksinasi. Dalam paspor digital juga memuat informasi mengenai hasil tes Covid-19, berupa PCR maupun antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.

2.Terdapat pula QR code yang digunakan untuk check in jika mengunjungi fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, bandara, rumah sakit, stasiun, terminal, dan lain-lain. Dengan begitu, kita dapat mengetahui tingkat keramaian pada suatu tempat.

3.Untuk mengetahui kawasan warna zona (merah, orange, hijau) yang menunjukkan adanya pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Walikota Solo Gibran Kembali Terpapar Covid

4.PeduliLindungi juga berfungsi sebagai pengawasan/pelacakan. Lacak data lokasi ini digunakan untuk keperluan tracing. Dengan adanya informasi tersebut, pemerintah dapat mendeteksi pergerakan orang dengan terkonfirmasi positif Covid-19 dalam waktu 14 hari ke belakang. 

5.Adanya fitur e-Hac. Bagi pelaku perjalanan domestik maupun internasional, kini diwajibkan untuk mengisi e-HAC, yaitu kartu kewaspadaan kesehatan elektronik yang ditujukan pada semua pelaku perjalanan domestik atau internasional selama pandemi Covid-19.

Artikel Terkait