Taliban umumkan pemerintahan baru Afghanistan

Juru bicara Taliban mengatakan pemerintah sementara baru akan dipimpin oleh Mohammad Hasan Akhund

7 September 2021, 23:10 WIB

KABUL telah mengumumkan nama-nama beberapa menteri kabinet dari pemerintahan sementara baru di Afghanistan yang dipimpin oleh Mohammad Hasan Akhund.

Abdul Ghani Baradar akan menjadi wakil pemimpin dan Sirajuddin Haqqani, putra pendiri jaringan Haqqani, telah ditunjuk sebagai menteri dalam negeri, kata kepala juru bicara Zabihullah Mujahid pada konferensi pers pada hari Selasa.

Sementara itu, Mullah Mohammad Yaqoob, putra Mullah Omar, ditunjuk sebagai menteri pertahanan. Hedayatullah Badri akan menjadi Pj Menteri Keuangan.

Baca Juga: Perdana Menteri Jepang Suga Mundur dari Pemilihan Partai

Charles Stratford dari Al Jazeera melaporkan dari Kabul mengatakan banyak nama yang diumumkan oleh Mujahid adalah “wajah lama,”ungkapnya

“Penting juga untuk mengatakan bahwa banyak dari nama-nama ini, sebagian besar dari mereka sebenarnya adalah Pashtun dan tidak mempertimbangkan, bisa dibilang kritikus akan mengatakan, keragaman etnis yang besar di negara ini. Dan menarik untuk mendengar komentar [Mujahid] tentang Lembah Panjshir yang kita tahu didominasi oleh etnis minoritas Tajik, ”tambahnya.

“Dia mengatakan [Mujahid] tidak punya masalah dengan orang-orang Tajik apa pun, dan suara mereka akan dimasukkan dalam pemerintahan masa depan,”jelasnya

Baca Juga: Pertempuran Sengit Taliban Dengan Pasukan Perlawanan Terjadi di Lembah Panjshir

Artikel Terkait