Susahnya Menvaksin ODGJ Klaten, Ditinggal Lari Hingga Berikan Uang Jajan

1 Oktober 2021, 22:54 WIB

SKALA.ID – Percepatan menyasar ke seluruh masyarakat namun jugaelayani untuk orang dengan gangguan jiwa (). Pastinya proses tersebut bukanlah sesuatu yang mudah.

Diperlukan kesabaran ekstra tinggi untuk memvaksin mereka. Berbagai trik mesti dilakukan agar mereka bersedia divaksin.

Kepala Puskesmas I Cawas, Novi Tri Susanto sampaikan kisahnya mengawal bagi ODGJ dan disabilitas di wilayahnya melalui program Safari Vaksin.

Baca Juga: Mulai Hari Ini Masuk Polres Karanganyar Wajib Aplikasi PeduliLindungi

“Tugas vaksinasi untuk kaum ODGJ itu penuh tantangan. Ada yang takut, dan petugas ditinggal lari. Ada yang harus dibujuk dan diimingi-imingi uang, baru mau divaksin. Jadi menarik. Kemarin kita suap pasien dengan (uang) Rp10 ribu, baru mau divaksin,” tutur dokter Tri, sapaan akrabnya, dikutip dari laman resmi Pemkab .

Tri dan tim program Safari Vaksin bertugas untuk jemput bola percepatan vaksinasi di Klaten. Terutama bagi warga yang berkebutuhan khusus seperti ODGJ dan kaum disabilitas.

“Kita mulai ‘door to door’ untuk ODGJ dan disabilitas, karena untuk mereka itu sulit untuk mengondisikan. Apalagi jika harus dibawa ke tempat vaksin, tentu mereka kurang nyaman,” tambahnya.

Baca Juga: KA Airlangga Resmi Beroprasi, Layani Rute Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi

Ia menuturkan, mencari sasaran vaksinasi untuk ODGJ relatif lebih menantang dibandingkan orang biasanya. Bahkan, sempat ada yang menolak divaksin

“Mereka (ODGJ) itu harus dibujuk untuk mau divaksin. Memang reaksi yang berbagai macam. Sempat kami harus tersesat mencari sasaran vaksinasi,” ujarnya.

Tri menyampaikan jenis vaksin yang diberikan kepada ODGJ dan disabilitas adalah dua dosis Sinopharm secara bertahap.

Baca Juga: 3 Pengedar Narkoba Ditangkap Satnarkoba Karanganyar, Target Jual Sabu Kepada Remaja

“Ada sekitar 20 warga ODGJ dan disabilitas yang bisa divaksin. Kisarannya mereka adalah terealisasi sekitar 50 persen. Kita (berharap) ke depan bisa memenuhi target sasaran ODGJ di Cawas bisa divaksin semua,” tuturnya.****

Artikel Terkait