SPKLU Ultra Fast Charging pertama Ada di Bali

Presiden Jokowi meresmikan peluncuran SPKLU Ultra Fast Charging pertama di Indonesia/ BPMI SETPRES/ Foto: Laily Rachev

26 Maret 2022, 05:22 WIB

SKALA.ID – Presiden RI resmikan peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum () Ultra Fast Charging pertama di Indonesia bertempat di Central Parkir ITDC Nusa Dua, .

Dalam sambutannya, Kepala Negara mengajak seluruh pihak untuk menjadikan presidensi G20 sebagai kesempatan untuk menujukkan komitmen Indonesia terhadap pengurangan emisi karbondioksida (CO2).

“Melalui penggunaan selama KTT G20 juga sekaligus sebagai showcase bahwa negara kita negara Indonesia menjadi negara terdepan dalam pengembangan kendaraan listrik,” ujar Presiden dilansir dari laman Setkab.go.id, Jumat (26/3/2022).

Presiden Jokowi Launching Perdana Mobil Listrik Buatan Indonesia

Menurut orang nomor satu di Indonesia ini, semua harus dipersiapkan mulai dari hulu hingga ke hilir, yaitu mulai dari industri baterai dan komponen lainnya hingga penyiapan dan home charging.

“Kita tunjukkan kepada dunia bahwa ekosistem kendaraan listrik di Indonesia tengah tumbuh dan berkembang cepat,” tuturnya.

Menurut Jokowi, kendaraan listrik merupakan bagian dari desain besar transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan. Ketergantungan Indonesia pada bahan bakar minyak energi fosil yang semakin tinggi harus dihentikan agar kemandirian energi dapat diwujudkan.

Ketergantungan pada BBM pada energi fosil semakin tinggi dan sampai saat ini pemenuhan kebutuhan BBM semuanya masih impor. Pastinya membebani defisit, membebani APBN, membebani defisit transaksi berjalan dan defisit neraca perdagangan.

“Oleh sebab itu kondisi ini tidak boleh kita biarkan kita harus mencari cara agar bisa mewujudkan kemandirian energi,” tandasnya.***

Artikel Terkait