Sidak Migor di Pasar, Ganjar Temukan Minyak Goreng Curah Harganya Diatas Rp. 20 Ribu

Antisipasi permainan harga, Ganjar pastikan minyak goreng subsidi tepat sasaran/humas pemprov Jateng

5 April 2022, 20:02 WIB

SKALA.ID – Gelar sidak ketersediaan serta harga minyak goreng di pasar Bulu Kota , Gubernur Jawa Tengah, menemukan pedagang menjual minyak goreng curah kepada konsumen yang harusnya Rp14 ribu menjadi Rp20 ribu-Rp. 22 ribu per liter.

Keluhan dari para pedagang menyebut jika minyak goreg curah susah diperoleh. Kalaupun ada harga jualnya juga tinggi. Hampir sama dengan minyak goreng kemasan. Sehingga pedagang memilih untuk menjual minyak goreng kemasan.

“Dari informasi pedagang minyak goreng curah susah, harganya juga sama-sama mahal. Mereka lebih memilih menjual minyak kemasan,” jelas Ganjar, Selasa (5/4/2022).

Cek Stok Minyak Goreng, Satgas Pangan Periksa 150 Lokasi di Jateng

Ternyata dari informasi yang didapat dari pedagang, itu banyak pemainnya. Jadi, para pedagang ini beli dari orang lain sudah harga Rp18 ribu. Dari pengecekan ternyata harga minyak goreng curah Rp 14 ribu tidak ada di pasaran. Sampai tingkat bawah, harga minyak goreng curah bisa mencapai Rp. 22 ribu.

“Sistem distribusi minyak goreng curah yang disubsidi pemerintah seharga Rp14 ribu memang harus diubah. Tidak bisa lagi, minyak dilepas ke pasaran tanpa ada pantauan. Namanya subsidi, harus diberikan satu per satu dan langsung ke pedagang,” tandasnya.

Begini Cara Klaim JHT 2022 Sebelum Usia 56 Tahun

Ganjar juga mengantisipasi peredaran minyak goreng curah bersubsidi yang sebentar lagi akan datang ke Jawa Tengah. Untuk mengantisipasi adanya permainan harga, maka pihaknya akan memastikan minyak goreng subsidi betul-betul sampai langsung ke tangan yang membutuhkan.

“Mungkin penting juga ada semacam identitas pedagang untuk menebus minyak goreng ini, sebab kalau tidak selalu ada permainan. Ada middleman yang bermain dan ambil untung banyak. Selain itu, gagasan dulu pabrik mendistribusikan dan mengawasi langsung ke pedagang itu menurut saya bagus dan bisa diterapkan,” tutupnya.***

Artikel Terkait