Sepenggal Kisah Kamar Soekarno di Lodji Gandrung Yang Dibiarkan Kosong Hingga Kini

24 Februari 2022, 10:38 WIB

SKALA.ID – Rumah besar kuno peninggalan jaman Belanda menyimpan banyak misteri di dalamnya. Rumah berbentuk klasik yang terletak di jalan Slamet Ryadi dan terletak di  jantung kota Solo itu merupakan  rumah dinas bagi Walikota Solo.

Bangunan megah itu dikenal dengan nama Lodji Gandrung. Merupakan kediaman bagi walikota dan sudah turun temurun. Namun beberapa periode kepemimpinan mulai dari Joko Widodo alias Jokowi, FX Hadi Rudyatmo, hingga Gibran Rakabuming Raka jarang menempatinya.

Mereka lebih memilih rumah tinggal pribadinya masing-masing. Dan aktifitas di Lodji Gandrung hanya untuk kegiatan tertentu saja. Bukan untuk domisili harian.

Awalnya bangunan sarat sejarah itu adalah peninggalan jaman  Hindia Belanda. Pada masa awal  Kemerdekaan RI loji gandrung sering ditempati oleh  Presiden Soekarno.

Oleh sebab itukah sampai hari ini masih banyak peninggalan yang dulu sering digunakan oleh Soekarno masih dirawat dengan baik  dan  dipajang di Loji Gandrung.

Bahkan kamar tidur yang masa itu sering di pakai Presiden pertama RI ketika berkunjung ke kota Solo itu masih utuh dan belum berubah. Ada  piano, lemari, kursi tamu, dan berbagai perabotan rumah tangga lainnya yang terlihat masih utuh terawat dengan baik.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sebut dirinya juga tidak berdiam di rumah dinas. Bahkan sejak ayahnya, Presiden Joko Widodo menjabat sebagai Wali Kota Solo juga tidak berdomisili di situ.

Dirinya juga mengaku tidak mengetahui kenapa salah satu ruang yang dulu digunakan oleh Soekarno dibiarkan kosong. Apalagi ada yang menyebut disakralkan.

“Disakralkan? Ya saya gak tahu. Pokoknya kalau ada tamu ke sini tak lihatkan, gitu saja,” ucap Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Dirinya juga mengaku belum pernah tidur di kamar Bung Karno. Masukpun saat ada tamu saja untuk menunjukkan jika presiden ke 1 itu pernah menempati kamar di Lodji Gandrung.

Gibran hanya menyebut dirinya sempat menginap di Lodji Gandrung saat menjalani masa isolasi selama dua minggu saat terkonfirmasi positif beberapa waktu lalu.

“Tapi di kamar satunya, di sebelahnya kamar Bung Karno, ya gak ada perasaan apa-apa wong karantina,” katanya lagi.****

Artikel Terkait