Sejarah Panjang Persika Karanganyar Dari Masa ke Masa

Cikal bakal Persika berawal dari sekelompok pemuda yang sangat gemar bermain bola pada era tersebut

12 Oktober 2021, 20:57 WIB

SKALA.ID – Persatuan Sepakbola Indonesia Karanganyar biasa dikenal dengan nama Persika Karangayar ternyata berdiri sudah cukup lama saat Republik Indonesia baru berusia ke 20, atau tepatnya di tahun 1965.

Tak ada tanggal pasti kapan klub sepak bola Persatuan Makam (PSM) yang saat ini berganti nama ini dilahirkan. Sehingga untuk mengetahui siapa Bupati Karanganyar saat itu pun sulit diketahui.

Namun bila menilik dari tahun terbentuknya PSM, ada dua nama yang saat itu memimpin Kabupaten Karanganyar.

Baca Juga: Persika Karanganyar vs Tripel’S Kediri: Tarno Suthul Masuk Babak Kedua, Singa Lawu Raih Hasil Imbang

Kedua pemimpin itu adalah Daisman yang memimpin mulai Februari 1965 hingga Agustus 1965 atau Drs Harun Al Rasyid memimpin mulai September 1965 hingga Oktober 1965.

Salah satu mantan pemain era 1980, Tugimin GP alias Gepeng mengatakan memang sulit untuk memastikan tanggal kapan embrio , PSM dilahirkan.

Yang pasti, ungkap Gepeng, PSM, embrio dari Persika Karangayar itu terbentuk pada tahun 1965.

Baca Juga: Kecewa Batal Latih Tanding Lawan Klub Atta Halilintar, Pendukung Persika Karanganyar Marah

Cikal bakal Persika berawal dari sekelompok pemuda yang sangat gemar bermain bola pada era tersebut.

Karena saat itu tanah lapang yang sangat cocok bermain bola hanya berada didekat makam pahlawan, maka para pemuda ini bermain bola didekat makam pahlawan tersebut.

Setiap sore para pemuda ini bermain bola. Meskipun saat itu situasi politik di Indonesia belum seaman saat ini, namun semangat mereka bermain bola sangat tinggi.

Baca Juga: Ketua Persika Karanganyar Prihanto Sesalkan Insiden Kejadian Penggemar Datangi Tempat Latihan Klub Atta Halilintar

Hingga akhirnya mereka pun sepakat membuat perkumpulan sepak bola itu dengan nama PSM.

“Nama awal itu PSM, Persatuan Sepakbola Makam (PSM). Dikasih nama PSM, karena mainnya saat itu didekat makam pahlawan,”papar Gepeng, mengawali ceritanya saat ditemui skala.id, belum lama ini.

Usia PSM tak begitu lama. Karena hanya sebatas perkumpulan sepakbola biasa, akhirnya PSM ini vakum. Akhirnya, diera Kepemimpinan Bupati Karanganyar AKBP R Soekardjono diera tahun 1965 hingga 1968, nama PSM berganti nama menjadi Persika Karanganyar.

Baca Juga: Jelang Laga Persis Solo versus PSIM Yogyakarta, Gibran : Pasti Aman,  Tenang Saja

“Tepatnya pada 20 Nopember 1967, PSM berganti nama menjadi Persika Karanganyar. Dan tanggal di tahun itu juga, Persika resmi dikukuhkan,” terangnya.

Perjalanan Persika Karanganyar

Artikel Terkait