Rutan Solo Overload, Walikota Rencanakan Pemindahan Rutan ke Luar Daerah

17 September 2021, 15:11 WIB

SKALA.ID – Jumlah warga binaan di dalam Kelas 1 Solo sudah melebihi kapasitas. Saat ini, jumlah warga binaan yang di Solo mencapai 635 orang. Padahal sesuai kapasitas normal hanya bisa menampung 293 orang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kelas 1 Solo Urip Dharma Yoga usai menerima kunjungan Solo , Rabu (16/9/2021) lalu.  

“Pasalnya Rutan Kelas I Solo ini menampung tiga wilayah hukum, yakni Solo, Sukoharjo, dan Karanganyar. Semuanya masuk Solo,” jelasnya.  

Baca Juga: Lapas Kelas I Tangerang Terbakar Hebat, Kapolda Metro Jaya: 41 Orang Meninggal

Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan kepala daerah se-Solo Raya bagaimana solusinya apabila Rutan di Solo sudah tidak bisa menampung lagi. 

“Padahal para narapidana dipindahkan ke lapas setiap bulannya sesuai dengan arahan pimpinan wilayah ataupun pusat,” imbuhnya. 

Terpisah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengakui apabila  rutan yang berada di pusat kota Solo ini Solo ini sudah melebihi kapasitas.

Baca Juga: Data Antemortem Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Telah Lengkap

Dirinya juga akan berkoordinasi kepala daerah sekitar juga pemerintah pusat terkait pemindahan warga binaan di Rutan Solo.

Dia mengusulkan pemindahan rutan bisa ke luar kota Solo. Bisa ke wilayah Karanganyar atau Sukoharjo yang wilayahnya masih luas.  

“Kita berencana harus direlokasi yang lebih luas dan layak. Sudah over capacity soalnya. Tentu kita juga akan komunikasi dengan pusat,” tandasnya. (Ian) ***

Artikel Terkait