Ruang Terbuka Hijau di Solo Minim, Walikota Gibran Serahkan 1000 Bibit Pohon

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, bersama President Rotary Club Solo Kartini, Santi Liem menyerahkan dan menanam secara simbolis 1000 buah bibit pohon buah.

19 April 2022, 20:15 WIB

SKALA.ID –Lahan hijau dan ruang terbuka hijau kota Solo masih kurang, Gibran Rakabuming Raka, didampingi President Rotary Club Solo Kartini, Santi Liem menyerahkan dan menanam secara simbolis 1000 buah bibit pohon buah Kluwih dan Duwet bagi Kelompok Tani Kusuma Patria di Tanggul Danukusuman Kecamatan Serengan.

Gibran juga meresmikan Kebun Agro Rotary dan menandatangani prasasti.
sebut, dengan revitalisasi ini kawasan tanggul akan menjadi kebun agro dengan menanam pohon buah.

“Diharapkan akan semakin menambah jumlah paru – paru Kota Surakarta. Selain itu juga apabila pohon telah berbuah bisa dimanfaatkan hasilnya,” ucap Gibran, Selasa (19/4/2022).

Gibran Beri Angpau Untuk Liong dan Barongsai Saat Perayaan Cap Go Meh di Balaikota Solo

Gibran menambahkan peran serta organisasi masyarakat seperti Rotary Club Solo Kartini dalam program penghijauan patut dicontoh oleh yang lain.

“Ayo kita jadikan Kota Solo semakin hijau dengan semakin banyak menanam pohon di lahan kosong untuk menambah Ruang Terbuka Hijau,” ajak Gibran.

President Rotary Club Solo Kartini, Santi Liem menjelaskan, penghijauan yang dilkakukan pihaknya merupakan salah satu area of focus dari Rotary yaitu evironment.

Komisi II DPRD Solo Sidak, Temukan Makanan Kadaluarsa di Pasar

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari 2020 dimana sebelumnya juga mengadakan penghijauan sebagai pembatas jalan di Manahan dan Jalan Sudirman. Taman Cerdas Mojo, Pusat Pendidikan Disabilitas dan Layanan Inklusif Kelurahan Mojosongo, dan Bantaran Sungai Bengawan Solo Tanggul Pucangsawit.

“Dan hari ini, kami tanam 1000 pohon produktif yang menghasilkan dan memiliki nilai ekonomis,” ucap Santi.

Ditambahkan Santi, pihak Rotary telah mengadakan pelatihan pengolahan hasil tanaman buah. Rotary telah melatih pembuatan minuman yang berasal dari tanaman Bunga Telang di PLDPI beberapa waktu lalu.

“Nanti juga ada rencana akan ada pelatihan pengolahan daun sirsak dan buah sirsak apabila sudah panen di Tanggul Danukusuman,” tutupnya.***

Artikel Terkait