Ritual Gaib Pasangan Pengantin, Di Punden Tambakboyo

15 Maret 2022, 07:30 WIB

SKALA.ID – RItual dan penuh nuansa mistis dilakukan warga Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten , terutama bagi pasangan , dimana ritual tersebut dilakukan sebelum berganti tahun sejak melangsungkan pernikahan.

Pasangan pengantin ini wajib mengelilingi punden Batu Tambakboyo sebanyak tiga kali, dengan diiringi doa dari si juru kunci punden. Tradisi puter (mengelilingi) punden ini si cucuk lampah (penunjuk jalan) dengan menabur bunga melati mulai dari rumah pengantin wanita sampai di Punden Batu Tambakboyo.

Prosesi ritual ini dipercaya bisa memberikan kekuatan ekstra (gaib) bagi pasangan mempelai atau keluarga pengantin yang mungkin juga sudah mempunyai anak atau yang belum diberi momongan selama usia pernikahannya.

Ini Salah Satu Budaya Asli Indonesia Penuh Mistis dari Tanah Maluku

Mereka percaya dengan ritual tersebut, kehidupan rumah-tangga mereka akan langgeng, serta selalu lancar dalam mengarungi kehidupan. Kelancaran dalam bekerja, bisa berupa lancar rejeki, mempunyai keturunan, hubungan sosial dan keharmonisan rumahtangga. Diketahui, Punden Batu Tambakboyo sendiri, sampai sekarang masih dianggap wingit bagi sebagaian warga desa dan warga dari
luar desa Tambakboyo.

Ada roh gaib yang dipercaya ‘menjaga’ keberadaan punden tersebut. Roh gaib atau warga desa menyebut dengan istilah yang Mbahurekso, yaitu Eyang Kyai Guno Wijoyo. Roh gaib inilah yang selalu datang dalam wangsit atau petunjuk gaib yang diterima sebagian sesepuh desa lewat mimpi-mimpinya.

Artikel Terkait