Resmikan Bendungan Bendo, Jokowi : Ada 17 Bendungan Lagi Selesai Tahun Ini

Bendungan ini memiliki kapasitas air yang sangat besar, mampu menampung sekitar43.000.000M3 air dengan luasan bangunan sekitar170hektar

8 September 2021, 00:02 WIB

– Resmikan yang ada di Dusun Bendo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten . Bendungan ini dibangun mulai tahun 2013 dan selesai awal Spetember 2021. Dengan biaya sebesar Rp1,1 triliun yang bersumber dari dana APBN.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim Bendungan Bendo di Kabupaten provinsi siang hari ini saya nyatakan diresmikan,” kata Presiden Jokowi melalui siaran virtual yang ditayangkan Sekretariat Presiden (Setpres), Selasa 7 September 2021.

Bendungan ini memiliki kapasitas air yang sangat besar, mampu menampung sekitar 43.000.000 M3 air dengan luasan bangunan sekitar 170 hektar. Bendungan ini dapat mengairi sebanyak 7.800 hektar lahan sawah yang terbentang di sekitar Jatim.

Sekaligus dapat mereduksi banjir yang rawan terjadi di wilayah Kabupaten Ponorogo. Karena, dapat mereduksi banjir sekitar 31 persen atau setara dengan 117,4 M3 perdetik.

“Bisa mengurangi banjir atau mereduksi banjir di kawasan sekitar,” tuturnya.

Pemerintah mentargetkan menyelesaikan sebanyak 17 pembangun bendungan di seluruh pelosok tanah air. Dari mulai awal tahun, terdapat sejumlah bendungan yang telah selesai dibangun oleh pemerintah.

Bendungan yang telah selesai antara lain: Bendungan Tukul di Jawa Timur, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, Bendungan Napun Gete di Nusa Tenggara Timur, Bendungan Sindang Heula di Banten, Bendungan Kuningan di Jawa Barat, Bendungan Way Sekampung di Lampung, dan Benungan Bendo di Jawa Timur.

Artikel Terkait