Program Mageri Segoro, Hampir 1 Juta Pohon Mangrove Sukses Tertanam

12 Oktober 2021, 22:44 WIB

SKALA.ID mangrove program Polda Jateng Mageri Segoro digelar di Desa Bendono Sayung Demak, Selasa (12/10). Dalam program tersebut hampir 1 juta berhasil ditanam.

Dalam mangrove ini, masing-masing Polres minimal menanam 50 ribu hingga 70 ribu ditanam secara serentak.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi sampaikan Mageri Segoro ini adalah program menanam mangrove di 16 Polres yang mempunyai garis pantai maupun sungai.

Baca Juga: Program Mageri Segoro Juga Diisi Vaksinasi dan Bagi Sembako

mangrove ini bertujuan untuk mencegah wilayah kita dari abrasi, menjaga ekosistem laut serta menekan dan menyerap emisi,” ungkap Kapolda Jateng.

Kapolda juga menyampaikan bahwa selain melaksanakan penanaman pohon mangrove, juga dilaksakan kegiatan bakti sosial dan vaksinasi.

“Dalam rangka peningkatan ekonomi nasional di wilayah garis pantai, disamping bakti sosial, vaksinasi dan panen kerang,” lanjutnya.

Baca Juga: Program Vaksinasi Bersama BPJAMSOSTEK, Sebarkan 90 Ribu Dosis Vaksin

Hadir juga dalam acara tersebut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menambahkan penanaman pohon mangrove di sepanjang garis pantai Jateng merupakan salah satu upaya pencegahan abrasi.

“Land subsidence cukup cepat di sini, sea level rise naiknya juga cukup tinggi. Maka ini salah satu upaya, yang lainnya dengan menata ruang, tapi terhadap masyarakat kita mengedukasi dengan memberikan informasi mitigasi,” tandasnya. ****

Artikel Terkait