Produk Unggulan UMKM Solo Menjadi Souvenir Untuk Event Berskala Internasional

Pemkot akan mengakumodir hasil karya UMKM dari Solo untuk menjadi souvenir event-event besar

2 Maret 2022, 17:15 WIB


SKALA. ID – Makin banyak event yang digelar di kota membuat makin meningkat. Dengan event tersebut membuat produk juga semakin naik. Pasalnya dalam setiap  kegiatan yang pastinya akan menyediakan souvenir.  


Walikota Solo, dalam kegiatan Kurasi, Onboarding dan Showcase UMKM Solo Raya, Rabu (2/3) di Pradipa Ballroom Hotel Swiss Bell Surakarta sebut sesuai instruksi Dirjen produk-produk UMKM dikolaborasikan dengan perhelatan- perhelatan akbar. 

Sehingga produk UMKM bisa dijadikan unggulan dan souvenir untuk event- event internasional. Pastinya Pemkot Solo akan mengakumodir hasil karya UMKM dari Solo.  


“Kita akomodir karya – karya dari para teman- teman UMKM misalnya untuk souvenir G-20, Para games dan event-event skala besar lainnya,” ucap Gibran, Rabu (2/3/2022).


Saat ini, produk UMKM Kota Solo sedang dikurasi oleh Pemerintah kota Solo, seperti batik, jam tangan kayu dan segera akan difinalisasi penyeleksiannya. Menjelang akhir Maret 2022, working group G-20 akan segera dimulai.


Harapannya produk UMKM yang dijadikan souvenir event internasional, diperhatikankualitas, kemasan serta keunikan produknya. 


“Karena akan membawa impact yang besar untuk branding dan promosi Kota Solo,” pesan Gibran.  


Pimpinan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo pada sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pendampingan dan pengembangan UMKM dengan platform Ralali.Com Bussiness to Bussines. 

Harapannya tidak hanya sekedar menjual namun juga bisnis merging sehingga dari 400 an produk yang dikurasi dan yang lulus seleksi 67.


“Semoga nanti hasilnya bisa positif lantaran dinamika ekonomi berubah, perilaku masyarakat berubah sehingga penjualan on line harus bagus di semua lini termasuk tag line, kemasan dan mutu produk. Semoga dengan pelatihan ini semuanya dapat meningkat produksinya, kualitasnya dan penjualannya,” pungkas Joko.***

Artikel Terkait