Presiden Jokowi Launching Perdana Mobil Listrik Buatan Indonesia

Jokowi resmikan mobil listrik perdana buatan Indonesia/Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Setpres

16 Maret 2022, 22:30 WIB

SKALA.ID – Presiden Joko Widodo () meresmikan pertama buatan Indonesia. Kendaraan listrik tersebut diproduksi pabrikan mobil asal Korea Selatan (Korsel) PT Manufacturing Indonesia dengan nama merek Ioniq 5. 

“Saya meluncurkan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan pertama buatan Indonesia Ioniq 5,” ucap Presiden Jokowi di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar) pada Rabu 16 Maret 2022 dikutip dari laman InfoPublik.go.id.

Denpasar Moon Lirik Lagu dan Chord Gitar dari Maribeth: You Had Vanished With my Dreams

Momentum diproduksinya buatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia tersebut merupakan suatu hal yang ditunggu olehnya. Sebab, membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia tengah melakukan transisi besar dalam moda transportasi. 

Dari kendaraan berbahan bakar fosil, kini Indonesia sudah mulai beralih ke kendaraan berbahan bakar listrik. Dengan kehadiran dari mobil listrik yang diproduksi oleh perusahaan mobil besar asal Korsel tersebut. 

“Kita ingin segera melakukan transisi besar kendaraan dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik,” kata Presiden. 

Di masa mendatang, lanjut Presiden, kendaraan listrik akan diprioritaskan menjadi moda angkutan yang dipergunakan di berbagai pelosok tanah air. Karena kendaraan tersebut lebih ramah terhadap lingkungan alam sekitar. 

“Transportasi utama kita. Termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan ke depan,” tutur Presiden. 

Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendukung perkembangan mobil listrik di tanah air. Dengan begitu, lokal konten dari produk itu bisa terus meningkat  dari waktu ke waktu mendatang. 

Penyidik Reskrim Polres Karanganyar Gelar Rekontruksi Suminem, Terungkap Penyebab Kematian Dalam 25 Adegan

Melalui upaya memberikan insentif, memangkas berbagai hambatan regulasi, mendukung investasi kendaraan listrik, dan mendukung industri hulu produksi mobil listrik dalam hal baterai litium. 

“Pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia,” tutur Presiden. 

Presiden berharap, produksi kendaraan tersebut dapat menjadi tonggak pencapaian dalam pengembangan mobil listrik di tanah air. Sehingga, industri mobil listrik mampu terpacu berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun mendatang. 

“Saya harapkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia,” pungkas Presiden.***

Artikel Terkait