PPKM Jawa-Bali Kembali Diperpanjang, Aplikasi PeduliLindungi Diberlakukan di Lokasi Wisata

PPKM Jawa-Bali Kembali Diperpanjang, Aplikasi PeduliLindungi Diberlakukan di Lokasi Wisata

6 September 2021, 23:57 WIB

JAKARTA – Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel 4, 3, 2 dan 1 hingga mulai tanggal 7 hingga 13 September 2021 mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan ada beberapa penyesuaian aktivitas masyarakat selama periode 7-13 September 2021 ini.

“Salah satunya waktu makan di tempat (dine in) pada restoran dan kafe di mal diperpanjang menjadi 60 menit dengan kapasitas 50 persen,” jelas Menko Marves Luhut dalam teleconference, Senin 6 September 2021.

Baca Juga: Kapal Berbendera Asing Masuk Perairan Indonesia Tanpa Dokumen Lengkap Diamankan TNI AL

Kemudian uji coba pembukaan 20 tempat wisata di kota yang masuk PPKM , tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan implementasi aplikasi PeduliLindungi.

“Kabupaten/kota di juga akan diwajibkan gunakan aplikasi PeduliLindungi pada tempat wisata yang sudah diperbolehkan buka,” lanjut Luhut.

Terkait penanganan pandemi, Menko Marves Luhut mengatakan tinggal tersisa 11 kota/kabupaten di yang masuk PPKM level 4, dari sebelumnya sebanyak 25 kabupaten/kota.

Baca Juga: Lindungi Masyarakat Menkominfo Tutup 3.856 Pinjol Tanpa

“Ini ditandai dengan semakin sedikitnya kota/kabupaten di level 4,” jelasnya.

Peningkatan siginfikan juga terjadi pada kawasan yang menerapkan , di mana jumlahnya meningkat dari 27 menjadi 43 kabupaten/kota di wilayah aglomerasi.

“Seperti wilayah DI Yogyakarta berhasil turun ke level 3. Sementara Bali kami perkirakan butuh waktu 1 Minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan vaksin di rumah sakit yang masih tinggi,” pungkasnya.(Irw) ***

Artikel Terkait