Polres Karanganyar Luncurkan Aplikasi “SILAWU”, Bikin dan Mengurus Apapun Hingga Sidik Jari Dalam Satu Klik

Kapolres Karanganyar AKBP Muchammad Syafi Maulla melalui Kasi Humas Iptu Agung Purwoko mengatakan dalam melayani masyarakat di era revolusi industri 4.0 yang presisi, polres karanganyar membuat trobosan kreatif dengan membuat sistem aplikasi pelayanan warga terpadu atau juga disebut dengan silawu

24 Agustus 2021, 23:12 WIB

KARANGANYAR – Polres Karanganyar, Jawa Tengah, berkomitmen dalam pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah yang birokrasinya bersih dan melayani (WBBM). Zona integritas WBK/WBBM ini menekankan pada aspek pelayanan publik di lingkungan .

Kapolres Karanganyar AKBP Muchammad Syafi Maulla melalui Kasi Humas Iptu Agung Purwoko mengatakan dalam melayani masyarakat di era yang presisi, polres karanganyar membuat trobosan kreatif dengan membuat sistem aplikasi pelayanan warga terpadu atau juga disebut dengan silawu

Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi silawu yang bisa di unduh di Google Play. Diaplikasi silawu, masyarakat bisa mengajukan permohonan dengan sangat mudah.

Tinggal mendownload silawu diaplikasi play store, masyarakat bisa mengajukan pemohon dengan mudah. Seperti mengisi blangko pendaftaran.

Di dalam aplikasi tersebut tersedia berbagai menu layanan informasi dan pelayanan publik yang ada di Polres Karanganyar.

*Setelah proses pengisian data, masyarakat datang ke sentra pelayanan kepolisian terpadu Polres Karanganyar untuk mengambil dokumen yang telah diinput melalui aplikasi silawu, dengan mengedepankan protokol kesehatan di era ,”papar Agung pada skala.id, Selasa 24 Agustus 2021.

Menurut Agung, Polres Karanganyar dengan ruang sentra pelayanan kepolisian terpadu yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana meliputi ruang tunggu ber-AC, TV, ruang pojok baca, arena bermain anak, ruang ibu menyusui, toilet bersih dan nyaman, ruang tunggu praktek sim, jalan dan fasilitas bagi penyandang difabilitas.

“Sebagai institusi yang bertanggungjawab melindungi mengayomi dan melayani, Polres karanganyar melalui sentra pelayanan kepolisian terpadu memacu peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam hal, menerima pengaduan atas pelayanan kinerja di Polres Karanganyar, membuat laporan polisi,”ujarnya.

Dia menambahkan, peningkatan pelayanan pabrik ini juga dilengkapi ruang pelayanan Reskrim yang terdiri dari, layanan pembuatan surat keterangan bebas narkoba dan perekaman .

Termasuk dalam pelayanan lalu lintas untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan dan perpanjangan SIM, dilengkapi dengan ruang pendaftaran, ruang foto dan rekam data, ruang ujian teori dan praktek SIM, dan ruang cetak SIM,

“Polres Karanganyar juga menyediakan petugas pengawalan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan,”terangnya.

Disamping itu di dalam pelayanan di SPKT Polres Karanganyar, juga menerima layanan informasi dan pembuatan surat kehilangan atau yang juga disebut skplk secara gratis dan cepat.

sentra pelayanan kepolisian terpadu Polres Karanganyar, juga dilengkapi pelayanan Intelkam yaitu pembuatan SKCK Surat perizinan dan rekomendasi kepada masyarakat

“Serta dilengkapi ruang unit Bank BRI untuk mempermudah masyarakat melakukan pembayaran simkan SKCK sesuai dengan PNPB secara langsung,”pungkasnya. (Ade) ***

Artikel Terkait