Polda Jatim Bekuk Jaringan Pengedar Uang Palsu di Banyuwangi

Terungkap berdasarkan laporan dari masyarakat adanya uang pecahan Rp100 ribuan di Banyuwangi

7 Oktober 2021, 23:34 WIB

SKALA.ID – Kasus peredaran pecahan Rp. 100 ribu berhasil diungkap jajaran bersama Polres . Lima orang tersangka berhasil diamankan bersama barang bukti senilai Rp3,7 miliar.

Menurut Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, kasusnya terungkap berdasarkan laporan dari masyarakat adanya uang pecahan Rp100 ribuan di Banyuwangi.

“Salah satu pelaku berhasil diamankan di rest area pompa bensin Kalibaru, Banyuwangi,” jelasnya, Kamis 7 Oktober 2021.

Baca Juga: 
Dua Advokad Senior di Karanganyar Saling Berebut “One Man One Vote” Dipemilihan Ketua DPC Peradi

Lima orang yang diamankan adalah ASP (63) yang warga Lombok dan AAP alias Gus Ali (44) warga Nganjuk, AUW (57) warga Jombang, AS (37) warga Jombang dan JS (56) warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel.

Keterangan dari mereka, itu diproduksi di Bojonegoro, dan diedarkan ke sejumlah wilayah Jawa Timur, seperti Banyuwangi dan Mojokerto.

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu, sebut bermula dari penangkapan ASP di rest area pom bensin Kalibaru Banyuwangi pada 16 September 2021 dengan barang bukti yang diamankan berupa uang pecahan Rp100 ribu sebanyak 71 lembar.

Baca Juga: 
Kisah Viral Seorang Siswa Datang Ambil Tugas Harian Pakai Tas Keresek, Diungkap Sang Guru

Kepada petugas ASP mengaku mendapatkan uang palsu itu dari AAP warga Nganjuk yang diamankan pada 28 September 2021. Saat menggeledah rumah tersangka ini menemukan dua tas ransel berisi uang palsu sebanyak 1 juta dalam bentuk rupiah.

Pengakuan AAP uang palsu itu didapat dari AUW yang juga ditangkap pada 29 September 2021. Dari tersangka ini berhasil disita 300 lembar uang palsu pecahan rupiah senilai Rp30 juta.

“AAP sendiri mengaku mendapatkan dari AS yang berperan sebagai pemodal. Kemudian JS yang bertugas mencetak uang palsu tersebut. Mereka mengaku sudah menjalankan aksinya selama 10 bulan terakhir,” imbuhnya.

Baca Juga: 
Senyum Bahagia Mbah Surip Saat Terima Kursi Roda dari Anggota Komisi VIII DPR RI Paryono: Mugi Berguna Gih Mbah

Artikel Terkait