Penyaluran KUR UMKM di Jateng Terbesar di Tingkat Nasional

Capaian kredit UMKM di Jawa Tengah melebihi capaian permintaan nasional/Diskominfo Jawa Tengah

22 Maret 2022, 18:00 WIB

SKALA.ID – Kepala OJK Regional 3 -DIY, Aman Santosa menyampaikan mengatakan capaian kredit UMKM di Jawa Tengah melebihi capaian permintaan nasional. Bahkan capaian itu sudah diraih sejak 2016.

Otoritas Jasa Keuangan menyatakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Jawa Tengah, adalah yang terbesar se-Indonesia.

“UMKM di Jawa Tengah ini persentasenya sudah mencapai dari kredit UMKM mencapai 45 persen. Ini lebih tinggi daripada permintaan Presiden yaitu 35 persen. Di sudah mencapai 45 persen lebih,” jelas Aman, Selasa (22/3/2022).

Cek Stok Minyak Goreng, Satgas Pangan Periksa 150 Lokasi di Jateng

Total penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Jawa Tengah pada 2021 mencapai Rp42 triliun. Jumlah itu merupakan yang tertinggi secara nasional, dengan porsinya mencapai 18 persen.

“Ini merupakan gambaran bahwa sudah cukup baik dalam melaksanakan akses keuangan bagi masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan di tahun 2022 ini, pihaknya akan mengevaluasi dan membuat program baru, supaya keluhan masyarakat atau kesenjangan (gap) bisa diperbaiki secara perlahan.

“Intinya, perbankan memang perlu lebih proaktif, lebih jemput bola agar masyarakat yang tidak terlayani, akan terlayani dengan baik,” jelas Aman.

Ganjar Bawa Tanah dan Air dari Pusar Bumi Jawa, Khofifah Ambil Dari Tujuh Sumber Asal Petilasan Majapahit ke IKN

Gubernur Jawa Tengah menyebut, pihaknya terus berupaya membantu UMKM mencari cara baru, agar pascapandemi ini ekonomi bisa menggeliat.

“Mereka yang kesulitan mencari kerja bisa menjadi entrepreneur. Sehingga masyarakat yang mempunyai usaha baru, mulai berkembang, mulai bagus, agar usaha mereka bisa lebih gede,” pungkasnya.***

Artikel Terkait