Penuhi Syarat Berdiri Lepas dari Induk,108 Advokad Bentuk DPC Peradi Karanganyar

Setelah mendapatkan lampu hijau sesuai AD/ART Organisasi, Kadi Sukarna secara resmi mendaftarkan diri dalam pencalonan

2 Oktober 2021, 22:53 WIB

SKALA.ID – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) tak lama lagi bakal berdiri.

Berdirinya lembaga para Advokad yang sebelumnya menginduk ke DPC ini, menyusul persyaratan lepas dari induk telah terpenuhi.

Dimana saat ini, jumlah Advokad di Kabupaten Karanganyar mencapai 108 orang. Sementara, dalam AD/ART organisasi, untuk membentuk sebuah DPC minimal memiliki anggota 25 orang.

Baca Juga: Rekening Nasabah Bank Jateng di Klaten Raib, Ini Penjelasan Ahli Hukum ITE UNS

Setelah mendapatkan lampu hijau sesuai AD/ART Organisasi, Kadi Sukarna secara resmi mendaftarkan diri dalam pencalonan.

Acara sosialisasi dan deklarasi pencalonannya sebagai Ketua DPC Karanganyar itupun dilakukan di rumah dinas bupati, dihadiri sejumlah advokat di Bumi Intanpari.

Kadi mengatakan, sosialisasi pencalonannya dilakukan, karena ada dua calon yang akan berebut kursi ketua, dalam musyawarah cabang (muscab) pada 9 Oktober mendatang.

Baca Juga: Komisi VIII Bisa Terima Alasan Ibadah Haji 2021 Batal, Paryono: Pandemi Covid Belum Berakhir

“Saya didorong sekitar 45 pengacara muda dan sejumlah senior, untuk memegang amanah sebagai ketua DPC yang pertama. Karena ada dua calon, maka akan dilakukan pemilihan pada muscab nanti,”jelas Kadi di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu 2 Oktober 2021.

kandidat Ketua Peradi Karanganyar Kadi Sukarna

Diakui Kadi, saat ini dirinya memang masih menjabat sebagai Ketua Ikadin. Namun hal itu tidak menjadi masalah, karena sembilan organisasi advokat, termasuk Ikadin, telah melebur di Peradi.

“Sembilan organisasi itu juga mendorong, agar organisasi advokat di Indonesia cukup single bar saja. Yakni Peradi. Tidak multi bar. Sehingga eksistensinya lebih kuat dan posisi sebagai penegak hukum tidak dianggap sebelah mata,”paparnya.

Artikel Terkait