Pengusaha Sukses Ini Gelar Pertunjukan Wayang Kulit, Beri Hiburan Warga Sekaligus Lestarikan Budaya Tradisional

Supardiyanto berikan wayang kepada Ki Bayu Aji menadai dimulainya pertunjukan wayang kulit.

22 Maret 2022, 12:07 WIB

SKALA.ID – Pertunjukan wayang menjadi daya tarik bagi ratusan warga Dusun Pondok, Desa Tugu, Jumantono, Karanganyar. Selama ini pertunjukan menjadi hiburan yang di nantikan masyarakat.

Pagelaran ini dibawakan dalang muda Ki Bayu Aji putra dari dalang kondang Ki Anom Suroto dengan memilih lakon Wahyu Cempoko Mulyo.

Pertunjukan wayang dimulai sekitar pukul 21.30 WIB ditandai dengan penyerahan secara simbolis sebuah wayang oleh Supardiyanto selaku tuan rumah kepada dalang Ki Bayu Aji. 

Ini Salah Satu Budaya Asli Indonesia Penuh Mistis dari Tanah Maluku

Pagelaran merupakan hiburan tersendiri bagi masyarakat. Terlebih lagi, selama dua tahun lamanya karena pandemi Covid 19, tidak pernah ada hiburan di desanya karena pemerintah melarang kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Supardiyanto (52) pengusaha kotraktor sukses asli Jumantono berbagi kebahagian atas pernikahan anaknya dengan menggelar pertunjukan wayang kulit.

Selain memberikan hiburan bagi warga setempat, pagelaran wayang ini juga salah satu upaya dirinya ikut nguri-uri (melestarikan) budaya Jawa agar tetap terjaga kelestariannya. Sekaligus mengenalkan pada kalangan milenial budaya asli Indonesia.

Gamelan Masuk Warisan Budaya Tak Benda Oleh UNESCO

“Ini bentuk kecintaan saya pada wayang kulit sekaligus memberikan hiburan pada tetangga dan masyarakat agar wayang kulit ini tetap lestari,” jelasnya, Senin (21/3/2022).

Sentara untuk pemilihan lakon, Supardiyanto sengaja memilih Wahyu Cempoko Mulyo yang memiliki makna kebaikan dan kesuksesan serta kemuliaan.  

“Dengan lakon Wahyu Cempoko Mulyo, saya berharap agar semuanya selalu sukses dan diberikan kesuksesan dan kemuliaan,” tutupnya.*** 

Artikel Terkait