Pelepasan KKN UNS di Desa Kebondalem Purworejo Gelar Pertunjukan Kuda Lumping

Pelepasan KKN UNS di Desa Kebondalem Purworejo Gelar Pertunjukan Kuda Lumping

26 Februari 2022, 00:40 WIB

SKALA.ID – Berakhirnya kegiatan KKN (UNS) Kelompok 102 di desa Kebondalem ditutup dengan pertunjukan dari Kesenian Turonggo Seto, Desa Kebondalem, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten .

Selain digelar untuk melepas mahasiswa KKN dari desa, pertunjukan tersebut digelar guna melestarikan kesenian lokal yang telah dirintis warga desa sejak lama.

Acara berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga 16.30 WIB, yang diawali dengan acara resmi dilanjutkan dengan pertunjukkan . Acara pelepasan KKN ini diselenggarakan dengan mengundang perengkat desa, perwakilan organisasi desa, dan tokoh masyarakat desa.

Rektor UNS Beri Apresiasi 1 Tahun Gibran Pimpin Solo

Meskipun diselenggarakan di tengah merebaknya virus Covid-19 varian Omicron, anggota kesenian kuda lumping Turonggo Seto tetap tampil dengan baik dan semangat.

Warga setempat juga menyambut dengan baik pertunjukan ini karena mengaku sudah lama sejak kesenian kuda lumping milik Desa Kebondalem ini tampil.

“Kami dari Turonggo Seto tentu saja senang karena akhirnya bisa menampilkan kesenian kuda lumping kebanggaan desa kami ini. Meski dilaksanakan dengan berbagai keterbatasan, kelompok kesenian kami senang karena bisa mempersembahkan sesuatu untuk warga Kebondalem terkhususnya mahasiswa KKN dari UNS,” terang Ketua Kelompok Kesenian Kuda Lumping Turonggo Seto, Slamet Subanding.

Purwanto, Kepala Desa Kebondalem, menyampaikan bahwa adanya pertunjukan kuda lumping di acara pelepasan KKN ini juga ditujukan untuk mengangkat budaya lokal asli dari Purworejo.

Mahasiswa KKN UNS Rintis Pelaksanaan Bank Sampah di Desa Kebondalem Purworejo

Apalagi Turonggo Seto merupakan kelompok kesenian kuda lumping dari Desa Kebondalem yang sudah lama menjadi kebanggaan desa.

Artikel Terkait