Operasi Zebra Jaya 2021, Polda Metro Jaya Tindak Oknum Pengguna Strobo dan Sirine

15 November 2021, 23:46 WIB

SKALA.ID dimulai pada Senin 15 November-28 November 2021. Operasi ini merupakan operasi terpusat dalam rangka menjaga kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

Selama dua pekan pelaksanaan operasi salah satu sasaran dalam operasi ini adalah dan sirine di kendaraan.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran menyebutkan bahwa petugas akan menindak oknum-oknum yang menggunakan strobo dan sirine untuk menerobos kemacetan.

Baca Juga: Catat! Operasi Zebra Candi Mulai Digelar Polres Karanganyar, Ini Sasarannya

“Kelompok-kelompok atau oknum-oknum yang suka menggunakan strobo dan sirine untuk menerobos kemacetan juga akan kami lakukan penindakan,” tutur Kapolda di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan pada Senin 15 November 2021 (15/11) dikutip dari laman tribratanews.polri.go.id

Kapolda sebut, berdasarkan pemantauan hasil lapangan, dan sirine yang tidak sesuai peruntukkan masih banyak ditemukan. 

Sementara lokasi yang sering terdapat penggunaan strobo dan sirine tanpa hak menurut Kapolda sudah diidentifikasi.

Baca Juga: Begini Cara Polwan Satlantas Sukoharjo Sosialisasi Aplikasi PeduliLindungi

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga menyebutkan bahwa menyasar (TNKB) yang tidak sesuai ketentuan, knalpot bising, kebut-kebutan dan sebagainya.

 Terdapat 3.070 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan (Dishub) di dalam operasi ini.

Operasi ini, kata Kapolda ditujukan untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas dan menjaga momentum memutus mata rantai pandemi Covid-19.

Baca Juga; Gelar Operasi, 33 Motor Berknalpot Brong Diamankan Polisi 

 “Imbauan-imbauan, sosialisasi, pendidikan masyarakat tidak hentinya dilakukan agar masyarakat tetap waspada, tidak boleh lengah dalam menghadapi dinamika naik turunnya pandemi Covid-19,” ujar Kapolda.

Kapolda juga berujar, adanya Operasi Zebra Jaya 2021 ini dapat menurunkan tingkat pelanggaran lalu lintas, kecelakaan lalu lintas, dan dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.***

Artikel Terkait