Nadiem Makarim: Bebaskan Pengelolaan BOS Untuk Persiapan PTM

14 September 2021, 22:48 WIB

SKALA. ID – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), mengijinkan daerah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1, 2 dan 3 untuk menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Nadiem juga sampaikan Kemendikbudristek juga sudah membebaskan pengelolaan dana BOS untuk persiapan tatap muka. Untuk itu persiapan PTM bisa dilakukan dengan optimal, termasuk di sekolah swasta.

“Dan juga dana BOS kami bebaskan untuk semua persiapan tatap muka,” kata Nadiem kepada wartawan usai pertemuan dengan Gubernur DIY di Kepatihan , Selasa 14 September 2021.

Baca Juga: Kompak! Nadiem dan Gibran Angkat Meja Kala Pantau PTM di Solo

Dirinya juga berharap persiapan PTM bisa dilakukan dengan semaksimal mungkin termasuk di sekolah swasta. Karena kebijakan tersebut juga untuk membantu sekolah swasta yang kondisinya juga terimbas pandemi.

Sementara Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengungkapkan meski sekolah di PPKM Level 3 diperbolehkan buka, namun pihaknya masih menunggu capaian vaksin pelajar mencapai sekitar 80 persen.

Selain vaksin, ijin orang tua siswa juga menjadi salah satu syarat pelaksanaan PTM.

Baca Juga: Pria di Karanganyar Meninggal Tersengat Listrik, Jasad Korban Tersangkut di Atas Pohon Mangga

“Kita tidak mau ambil resiko semisal terjadi penularan COVID bila memaksakan sekolah yang belum memvaksin 80 persen siswanya,” tegasnya. ***

Artikel Terkait