Mobil Bung Karno Buatan Amerika Ikut Dipamerkan di Munas PPMKI di Solo

13 November 2021, 18:21 WIB

SKALA.ID – Perhimpunan Penggemar Indonesia (PPMKI) pamerkan kendaraan dinas yang kala itu pernah digunakan Presiden Indonesia pertama, Soekarano.

Sebuah mobil kuno berwarna cokelat tua berplat B 253 JHK, berjenis tahun 1947.

Mobil tersebut dipamerkan saat acara Munas PPMKI yang digelar di Solo, Sabtu-Minggu (13-14/11). Mobil tersebut juga digunakan untuk konvoi kendaraan kuno start dari D’ Tjolomadoe menuju Balaikota Solo.

Baca Juga: Dukung Wisata Halal, Pemprov Jateng Gelar Pelatihan Juru Sembelih Halal

Penasehat PPMKI Pusat Roy Suryo sebut ada beberapa anggota PPMKI yang merawat kendaraan eks Kepresidenan (era ).

“Mobil tersebut milik pak Hauwke, diperoleh saat lelang dari sekretariat kabinet,” jelas Roy Suryo, Sabtu 13 November 2021 (13/11.

Kepedulian anggota PPMKI sangat luar biasa. Daripada kendaraan tersebut jatuh ke tangan kolektor asing dan keluar dari Indonesia akhirnya dibeli dan dirawat dengan baik oleh anggota PPMKI.

Baca Juga: Miliki Situs Sejarah Yang Diakui UNESCO, Menparekraf Harap Desa Wisata Sangiran Jadi Desa Mandiri

“Daripada kendaraan ini diambil dan keluar dari Indonesia dan kita bisa kehilangan sejarahnya maka kita rawat baik-baik,” lanjut Roy Suryo.

Kondisi mobil kuno berwarna cokelat tua tersebut semua masih orisinil dan terawat dengan baik dan tidak ada modifikasi. Sisi depan dan belakang mobil juga terdapat sebuah simbol Ex Indonesia 1.

“Ini jenis Windsor tahun 1947. Kondisi mobil masih asli, baik mesin dan juga cat tidak diganti hanya dipoles saja,” ungkap Roy Suryo.

Baca Juga: Kabar Baik! Sandiaga Uno Sepakat Paket Wisata Bagi Para Nakes

Diketahui mobil jenis Chrysler Windsor buatan 1947 merupakan tipe limosin buatan Amerika Serikat Chrysler memproduksi Windsor dari tahun 1939 hingga 1961. 

Mobil tersebut awalnya adalah kendaraan dinas dari Jenderal Soedirman di tahun 1947. Setelahnya mobil tersebut digunakan sebagai Mobil Kepresidenan Era .

Mobil tersebut juga pernah digunakan pasangan presiden dan wakil presiden -Hatta saat hadir dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 di Bandung.***

Artikel Terkait