Mitigasi Bencana, Solo Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

17 November 2021, 22:09 WIB

SKALA.ID – Memasuki dan antisipasi terjadinya bencana, Pemerintah Kota Surakarta segera melakukan mitigasi bencana dengan menggelar di halaman Balai Kota Surakarta.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming sampaikan wilayah Surakarta merupakan daerah rawan bencana, khususnya kebakaran dan .

“Sehingga memasuki saat ini diperlukan tindakan antisipasi ekstra. Karena bencana bisa terjadi secara tidak terduga,” jelas Gibran, Rabu 17 November 2021.

Baca Juga: Karanganyar Masuk Zona Merah Bencana, MPC Pemuda Pancasila Siagakan Tim Rescue Serta Enam Ambulance

digelar untuk melihat sejauh mana kesiapan para pihak terkait yg bersinggungan dengan upaya mitigasi bencana.

“Baik dari sumber daya manusianya maupun juga sarana dan prasarana pendukungnya,” lanjut Gibran.

Semua titik – titik bencana terutama banjir jelas Gibran, sudah dipetakan sebelumnya. Termasuk lokasi Yang rawan pohon tumbang sudah dikoordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup.

Baca Juga:Hindari Risiko Bencana Krakatau, Hewan Rencananya Species Ini Dipindah ke Wilayah Taman Nasional Halimun

Untuk titik lokasi banjir memang sudah bisa diprediksi di kawasan mana saja. Karena lokasinya setiap tahunnya selalu sama.

Wali Kota Gibran mengajak semua personil, aparat (stakeholder) yang terlibat dalam menyiapkan antisipasi bencana harus saling berkoordinasi.

“Alat – alatnya kan sudah dipersiapkan dan cukup lengkap. Seberapa cepat merespon bencana seberapa cepat berkoordinasi dengan semua stakeholder, itu menjadi kunci solusi,” pungkas Gibran.***

Artikel Terkait