Miliki Gedung Baru, RS PKU Muhammadiyah Karanganyar Punya Maksimalkan Pelayan Bagi Umat

26 September 2021, 19:57 WIB

SKALA.ID – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan gedung baru di RS PKU Muhammadiyah secara daring, Minggu 26 September 2021.

Dengan penambahan gedung baru yang diberi nama Al Madinah, semakin bermanfaat bagi kepentingan umat dan menambah kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit yang dikelola Muhammadiyah. 

“Saya atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah, akan meresmikan dan menandatangani prasasti Gedung Al Madinah RS PKU Muhammadiyah sebagai wujud dari menghadirkan amal usaha kesehatan dengan pelayanan prima untuk dan bangsa Indonesia yang sehat,” papar Haedar Nashir.  

Baca Juga: Selama Pandemi, Omzet Pengerajin Gerabah Klaten Turun Drastis

Dalam kesempatan tersebut, Direktur RS PKU Muhammadiyah Karanganyar Aditiya Nurcahyanto mengatakan gedung baru ini dibangun secara mandiri oleh panitia yang terdiri dari unsur PDM Karanganyar, Majelis PKU PP Muhammadiyah, dan para sarjana teknik dan arsitektur.

“Awalnya pembangunan ditargetkan selesai dalam satu tahun. Namun karena terhambat adanya pandemi , kita selesaikan lantai satu. Berhenti,  Alhamdulilah kemudian berlanjut dilanjutkan dalam waktu dua tahun,” ungkap Aditiya Nurcahyanto.

Gedung baru tiga lantai yang berdiri di atas tanah seluas 7.742 meter persegi ini terdiri dari 16 ruang pemerikasaan spesialis. Kemudian ruang hemodialisa juga ruang rehabilitasi medik untuk fisioterapi, opokasi dan terapi wicara.

Baca Juga: Geopark Belitong Diakui Dunia, Salah Satunya Juru Sebrang Bekas Bekas Penambangan Timah

"Sementara lantai 2 dan 3 untuk rawat inap, ada 70 bed," paparnya.  
Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karanganyar, Muh Samsuri menambahkan Kedepannya RS PKU Muhammadiyah juga dikembangkan di beberapa cabang. 

“Saat ini baru ada dua klinik pratama di Jatipuro dan Tawangmangu.  Kedepannya RS PKU Muhammadiyah Karangnyar juga mulai bersiap naik kelas menjadi rumah sakit tipe B di Karanganyar.

Baca Juga: BKD Karanganyar Luncurkan Digital e-Pajak, Satu Klik untuk Semua Kemudahan

“Sekarang masih persiapan.  Kedepannya kita akan tingkatkan dari tipe C ke tipe B,” pungkasnya. (Ian) ***

Artikel Terkait