Menelusuri Situs Menggung di Lereng Gunung Lawu, Dipercaya Peninggalan Pengikut Airlangga

Situs Menggung terdiri atas tiga teras. Di teras pertama hanya akan menemukan empat buah patung dwarapala yang menjaga tangga menuju teras kedua

12 September 2021, 21:55 WIB

SKALA. ID – Situs Menggung ini merupakan tempat yang unik. Situsnya sendiri seperti punden berundak dan mengingatkan akan Candi Kethek.

Jika di candi Kethek kita tak bisa menemukan adanya relief atau arca, maka disini bisa menemukan banyak arca yang tersebar di situs ini.

Situs Menggung berada di Desa Nglurah, Kecamatan , Kabupaten , Provinsi Jawa Tengah seperti dikutip dari situs resmi Pemkab hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Grojogan Sewu.

Baca Juga: Misteri Candi Sukuh, Selain Menghadap Barat, Benarkah Usia Candi Ini Disebut Jauh Lebih Tua Dibandingkan Suku Maya?

Jangan heran jika sepanjang perjalanan menuju Situs Menggung akan menjumpai banyak sekali kios tanaman hias. Desa Nglurah memang terkenal akan sentranya tanaman hias di .

Seunik candi lainnya di yang berbetuk punden berundak. Situs Menggung terdiri atas tiga teras. Di teras pertama hanya akan menemukan empat buah patung dwarapala yang menjaga tangga menuju teras kedua.

Selain sudah aus, patung dwarapala ini sendiri unik karena salah satu patungnya dipahat dua arah, depan dan belakang, persis seperti arca di Candi.

Baca Juga: Nahdlatul Ulama Banten Seriusi Peredaran Miras Beralkohol

Teras kedua sangat luas. Disini terdapat bebatuan yang ditumpuk – tumpuk dan membentuk bidang persegi di beberapa tempat.

Pada bidang persegi tersebut terlihat beberapa batu dengan bagian atas yang datar seperti umpak, itu berarti dulu terdapat rumah panggung di situs ini, seperti di Candi Ceto.

Lanjut menuju teras ketiga, sebelumnya kita akan menjumpai sepasang arca dwarapala di kaki tangga. Di teras ketiga terdapat pohon yang teramat sangat besar yang ditutupi kain bermotif kotak dan kain kuning.

Baca Juga: Klaten Gempar, Sejumlah Rekening Milik ASN Dikabarkan Raib

Artikel Terkait