Melongok Sejarah Kampus di Museum UNS

Memilik keberadaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, di Musium UNS***

31 Maret 2022, 22:52 WIB

SKALA.ID – Memilik keberadaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, terkait sejarahnya juga proses berdirinya semua bisa dilihat dalam Museum UNS yang telah diresmikan sejak tahun 2017 lalu.  

Museum tersebut berada di gedung perpustakaan lantai 7 Kampus UNS Kentingan. Dalam musium tersebut berisi informasi, sejarah serta data kesejarahan dan kebudayaan UNS. 

Mulai dari sejarah nama dan proses berdirinya UNS hingga barang-barang bersejarah yang mengawali sejak tahun 1952 hingga 1980. 

Dekan FK UNS Beri Pandangan Perubahan Status Pandemi menjadi Endemi Covid-19, Sejak Kapan?

Diantaranya foto-foto kampus di awal pendirian hingga mesin ketik kuno yang dipakai rektor sebelum menjadi Kampus UNS. Terdapat pula piala, penghargaan, serta alat-alat olahraga lawas. Terdapat pula piala, penghargaan, serta alat-alat olahraga lawas.

Awal berdirinya UNS merupakan gabungan dari 15 Perguruan Tinggi (PT) yang ada di kota Solo.  Diantaranya IKIP Surakarta, Sekolah Tinggi Olahraga (STO), PTPN veteran cabang Surakarta, Universitas Nasional Saraswati.

Kampus-kampus tersebut berdiri sejak tahun 1950-an, hingga di tahun 1976, digabung menjadi satu yakni Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret atau disingkat UNS. 

Wacana Penundaan Pemilu 2024, Ini Kata Pakar HTN UNS : Harus Sesuai Keinginan Rakyat

Kemudian, nama tersebut berubah dengan terbitnya Surat Keterangan (SK) baru pada 1980 menjadi Universitas 11 Maret, dengan singkatan tetap UNS.

Adanya musim yang diresmikan saat HUT UNS ke 41, bisa menjadi rujukan referensi sekaligus pusat informasi bagi para peneliti, mahasiswa dan juga masyarakat umum. 

Bagaimana kiprah UNS untuk ikut memajukan bangsa dari dunia pendidikan. Museum ini terbuka bagi siapapun tanpa dipungut biaya.***

Dok : Humas Pemkot Solo

Artikel Terkait