Mbah Sastro Setu Korban Tertimbun Longsoran Talud Kali Siwaluh Belum Ditemukan, Anggota TNI Mulai Diterjunkan

16 November 2021, 11:50 WIB

SKALA.ID – Anggota TNI dari Kodim 0727 dikerahkan untuk membantu pencarian warga Melian, Popongan, Karanganyar yang tertimbun saat tengah membetulkan talud di pinggir .

Proses pencarian Sastro Setu sempat dihentikan, menyusul volume air di yang mengalami kenaikan akibat curah hujan tinggi.

Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim Karanganyar Kapten Inf A. Hanan mengatakan TNI memang dikerahkan membantu pencarian korban yang hingga saat ini masih belum ditemukan.

Baca Juga: Satu Keluarga Tertimbun Tanah Longsor di Luwu, Berhasil Dievakuasi

Selain itu, tim evakuasi dihadapkan Medan lokasi kejadian yang memang sangat sulit.

Dasar sungai ada di bawah sekitar 12 meteran dan untuk turun ke lokasi harus menuruni tangga yang disambung-sambung.

‘’Targetnya hari ini kalau bisa memang sudah ditemukan. Kita minta doanya dari masyarakat karena sudah ditunggu keluarganya untuk diurus secara layak. Karena itu kita mohon doa semuanya agar secepatnya bisa ditemukan,”terang Hanan, Selasa 16 November 2021.

Baca Juga: Talud Ambrol di Karanganyar, Satu Orang Pekerja Tertimbun

Selain ketinggian medan, kesulitan lain yang harus dihadapi oleh tim evakuasi yaitu tak adanya alat berat yang bisa ke lokasi kejadian.

Sehingga jalan satu-satunya yang harus dilakukan untuk melakukan evakuasi terhadap korban, hanya bisa dilakukan secara manual.

“Kendla lainnya adalah lokasi masih rawan terjadi longsor saat hujn tiba karena tanahnya gembur,”paparnya.

Baca Juga: Volume Air Kali Siwaluh Alami Kenaikan, Bupati Karanganyar Intruksikan Pencarian Mbah Sastro Setu Dihentikan

Untuk itu, selain tetap melakukan pencarian korban dititik awal dimana korban dilaporkan tertimbun, pihaknya bersama tim gabungan lainnya, ungkap Hanan, memasang jaring. Pemasangan jaring ini untuk mengantisipasi kemungkinan korban hanyut terbawa arus .

“Pemasangan jaring kami lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan korban terbawa arus air. Selain mencari dititik utama, kami pun melakukan pencarian dibawahnya titik utama,” paparnya.

Artikel Terkait