Mau Vaksin Saat Puasa, Ini Persiapannya

tips mengikuti vaksinasi booster saat kondisi puasa

15 April 2022, 16:15 WIB

SKALA.ID – Jadwal vaksinasi booster Covid-19 bertepatan dengan bulan puasa, sebagian masyarakat mungkin masih belum banyak memahaminya. Mereka masih khawatir untuk mengikuti vaksinasi dalam kondisi sedang berpuasa.

Dilansir dari laman ugm.ac.id, Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Ade Febrina sampaikan tips mengikuti vaksinasi saat kondisi berpuasa.

“Pertama adalah mencukupi tubuh dengan makanan yang sehat dan begizi. Hal ini tentu dilakukan pada saat sahur dan berbuka puasa.  

Ini Jadwal dan Lokasi Sentra Vaksinasi di 9 Bandara Angkasa Pura I

Kedua adalah mencukupi cairan yang dibutuhkan tubuh. Tubuh kita setidaknya membutuhkan asupan sebanyak 2 liter atau setara 8 gelas air putih sehari.

Selama berpuasa, Anda dapat menginisiasi pemenuhan asupan air tersebut dengan minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih saat makan malam, serta 2 gelas air putih ketika sahur.  

“Ketiga adalah beristirahat dengan cukup,” lanjutnya.

Solo Bagikan Minyak Goreng Dan Sekaligua Vaksin Booster

Jika ketiga kiat tersebut dapat terpenuhi maka diharapkan tubuh menjadi fit dan sehat. Jika tubuh fit dan sehat, maka vaksinasi dapat dilakukan. 

“Karena tubuh yang fit dan sehat merupakan syarat utama sebelum kita melakukan vaksinasi,” pungkas dr. Ade.***

Artikel Terkait