Mau Tahu, Salah Satu Pohon Terindah di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Foto/dok. Jatengprov.go. id

25 Februari 2022, 23:00 WIB

SKALA.ID – Namanya unik, (rainbow eucalyptus) atau dikenal dengan nama ilmiahnya Eucalyptus deglupta yang berarti kayu putih yang mengelupas.
Dinamakan karena batangnya memiliki gradasi warna-warni yang cantik.

Batangnya tidak memiliki warna seperti umumnya, misalnya cokelat atau cokelat kehitaman. Namun warna batangnya beraneka ragam, persis seperti warna pelangi. Ada merah, biru, hijau, kuning, cokelat, dan aneka warna lainnya, mulai dari akar hingga pucuk tertingginya.

Dilansir dari laman Indonesia.go.id, pohon ini tumbuh di hutan hujan Indonesia dan merupakan tanaman endemik di Papua Niugini, Pulau Papua, Pulau Seram, Maluku, dan Sulawesi. 

Polda Jateng Bongkar Pemalsuan Minyak Goreng di Kudus, Begini Modus dan Cara

Namun bagi yang tinggal di Pulau Jawa, tak perlu jauh-jauh terbang ke sana karena di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, pohon ini bisa kita nikmati keindahannya.
Pohon jenis ini dapat ditemukan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Sumberwringin.

Tepatnya berada di Desa Wringinanom, Kecamatan Sukosari. Dari pusat kota, hutan seluas 23,6 hektare ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 1 jam 15 menit.

Hutan Sumberwringin adalah hutan buatan yang dibangun pada tahun 1937 dan memiliki iklim tipe B dengan curah hujan sebesar 2.400 milimeter per tahun. Tak hanya saja yang ditanam di hutan ini. Setidaknya ada 3.879 pohon dari 59 jenis telah ditanam di hutan Sumberwringin. 

Eucalyptus deglupta termasuk pohon tertua yang ditanam di hutan ini bersama pinus dari Sumatra dan Australia bersamaan dengan dibangunnya hutan Sumberwringin, 83 tahun silam.

Pohon pelangi menjadi daya tarik utama di hutan Sumberwringin karena selain memiliki gradasi warna menakjubkan, juga menjadi salah satu pohon yang paling sering dicari wisatawan. Pohonnya memiliki tinggi rata-rata 70 meter serta rata-rata berdiameter 2,5 meter. Pengunjung banyak menjadikan pohon ini sebagai latar foto karena keindahannya.  Bahkan pohon pelangi Eucalyptus disebut-sebut sebagai salah satu pohon terindah dan menakjubkan di dunia.***

Artikel Terkait