Mau Tahu Kenapa Kucing Suka Menggosokkan Tubuh Pada Pemiliknya? Ini Alasannya

Kucing gemar menggosokan tubuh pada pemiliknya/foto. Pixabay

3 Maret 2022, 21:58 WIB

SKALA.ID – Mungkin tidak banyak yang memahami, hewan berbulu dan bermuka lucu ini kerapkali mengikuti pemiliknya kemanapun melangkah.

Tak jarang juga terlihat menggosokkan bagian tubuhnya ke kaki atau tangan pemilik sambil mengeong.

Dilansir dari Daily paws ternyata ada dua alasan mengapa sangat suka menggosok tubuhnya ke benda-benda di sekitarnya termasuk pada tubuh pemiliknya.

  1. mencoba berkomunikasi.

Kucing berusaha berkomunikasi tidak harus menggunakan suara seperti mengeong, menggeram, dan mendesis. Namun mereka umumnya juva suka berkomunikasi dengan bahasa tubuh . 

Seekor kucing berkomunikasi dengan seluruh tubuhnya, dari cakar depan hingga ujung ekornya, dan ekor kucing adalah alat komunikasi yang sangat baik yang mengatakan banyak hal tentang perasaan kucing. 

Ketika kucing merasa sangat baik atau ingin menunjukkan kepuasan atau menunjukkan kasih sayang, mereka mungkin menggosok tubuh dan ekornya ke objek terdekat (atau manusia favoritnya).

  1. Kucing ingin menyebarkan aromanya.

Kucing ingin semuanya berbau seperti mereka dan aroma sangat penting bagi kucing (baik liar maupun peliharaan). Mereka memiliki kelenjar aroma yang terletak di seluruh tubuh mereka sehingga ketika kucing ingin berbagi informasi tentang diri mereka kepada dunia.

Mereka akan menggosok kelenjar aroma mereka ke objek, menyebarkan feromon ke mana pun mereka pergi. Jadi, ketika kucing Anda merasa Anda tidak berbau harum (artinya seperti mereka) atau mereka hanya ingin mengembalikan parfum pribadinya pada Anda.

Mereka mungkin akan mengibaskan ekornya ke seluruh kaki Anda atau menyikat tubuh lembutnya ke pipi Anda.

Sebagian besar waktu kucing Anda menemukan diri mereka menggosok ekornya yang berbulu atau tubuh yang suka diemong terhadap sesuatu, tidak ada alasan untuk khawatir.

Namun, jika kucing Anda tampaknya sangat mendorong Anda atau barang-barang lain dan melakukannya dengan frekuensi yang meningkat atau tampaknya perlu menopang diri mereka sendiri terhadap sesuatu seolah-olah mereka kelelahan, buatlah janji dengan dokter hewan Anda untuk mengetahui kondisi kesehatan kucing anda.***

Artikel Terkait