Mau Tahu Jenis Minyak Goreng yang Sehat Untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Diminum Langsung

Jenis minyak yang ada di pasaran, mulai dari jenis biasa hingga minyak premium

12 April 2022, 06:05 WIB

SKALA. ID- Makanan yang digoreng merupakan makanan favorit di Indonesian. Bahkan di saat harga minyak melambung tinggi masyarakat rela antri untuk membelinya.

Diketahui ada beberapa jenis minyak yang ada di pasaran. Mulai dari jenis biasa hingga minyak premium dengan harga jual yang beragam. Ini adalah jenis minyak selain minyak sawit yang ada di pasaran di rangkum dari berbagai sumber. 

  1. murni

Minyak zaitun atau olive oil dikenal sebagai minyak yang sehat karena kandungan lemak tak jenuhnya. Namun perhatikan sebelum membeli,  sebab ada 2 jenis. Pertama minyak zaitun biasa dan kedua minyak zaitun murni atau extra-virgin/virgin olive oil.

Minyak zaitun dengan label ‘extra virgin’ atau ‘virgin’ merupakan buah zaitun perasan awal dan memiliki titik asap rendah. Biasanya digunakan untuk tumis atau dressing salad atau pangan lain.

Minyak zaitun jika diminum langsung dapat menurunkan kolesterol, dan menyembuhkan penyakit pencernaan. Minyak ini juga dapat mengobati aneka masalah kulit mulai dari kulit kasar bersisik hingga kulit kusam.

2.

merupakan minyak nabati yang berasal dari biji tanaman Canola (Brassica napus). Nama canola itu sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Canada Oil, negara penghasil utamanya.

atau kanola mengandung 63% lemak tak jenuh tunggal dan asam alfa-linoleat, turunan dari omega-3. Kedua senyawa ini sudah lama dikaitkan manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Minyak asal Kanada ini juga terbukti rendah akan kandungan asam erusat, asam lemak yang menyebabkan kerusakan jantung.

Minyak ini cocok untuk menggoreng atau alternatif minyak goreng kelapa sawit yang umum digunakan.
Karena rasanya cenderung netral, minyak canola tidak disarankan untuk hidangan tumisan yang butuh rasa lebih kuat.

3. Minyak Alpukat

Minyak alpukat adalah minyak nabati yang berasal dari buah alpukat. Sebagai minyak makanan, digunakan sebagai bahan dalam hidangan lainnya, dan sebagai minyak goreng.

Biasanya minyak alpukat dimasukkan ke dalam salad dan sup, membuatnya menjadi mayones, atau mengoleskanya pada daging panggang.

4. Minyak jagung

Minyak jagung adalah minyak yang diekstraksi atau diperas dari biji jagung, bersifat setengah kering, berwarna kekuningan. Memiliki kandungan lemak tak jenuh tinggi yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung

Minyak jagung banyak digunakan sebagai minyak goreng di restoran cepat saji, hampir 70 persen restoran cepat saji membuat kentang goreng dengan minyak jagung.

5.

Berasal dari buah kelapa yang diproses menjadi minyak kelapa (coconut oil). Minyak kelapa murni diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa diolah menggunakan bahan kimia tambahan atau diproses tanpa suhu tinggi. Minyak kelapa direkomendasikan untuk memanggang misal, kue atau cake.***

Artikel Terkait