Mau Beli Laptop Gaming, Ini Hal Utama Yang Harus Diketahui

Beberapa hal yang harus diketahui sebelum membeli laptop gaming/pixabay

4 Maret 2022, 13:48 WIB

Mau Beli , Ini Hal Utama Yang Harus Diketahui

SKALA.ID – Perkembangan tekhnologi kian pesat. Banyak bermunculan game-game yang sangat menarik dan menjadi favorit kawula muda dan menjadi gaya hidup baru. Pastinya untuk mendukung aktifitas tersebut diperlukan juga faktor penunjang utama. Salah satunya adalah laptop.

Bagi siapa saja yang saat ini mencari dengan harga terjangkau beberapa rekomendasi buatmu. Ingat pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

Simak beberapa spesifikasi minimum gaming laptop yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih laptop mana yang akan kamu beli.

Spesifikasi Minimum

Walaupun sedang mencari laptop dengan harga yang murah, kamu tetap perlu memperhatikan kualitas. Jangan sampai apa yang kamu dapatkan tak sesuai dengan keinginanmu. 

Meskipun spesifikasi minimum ini tak mutlak harus kamu ikuti, paling tidak ini bisa menjadi referensi dan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membeli gaming laptop. 

  1. RAM

Random Access Memory (RAM) berfungsi menyimpan data. Namun, penyimpanan data di RAM sifatnya adalah sementara. Ketika membeli gaming laptop, perhatikanlah RAM yang dimilikinya. Cukup banyak laptop untuk game yang dijual dengan harga 10 jutaan dan telah memiliki RAM 8 GB. 

Ini cukup mumpuni. Tapi, kalau kamu hanya bisa membeli dengan RAM 4 GB, hal ini juga tak menjadi masalah karena kamu bisa meng-upgrade-nya suatu hari nanti. Tapi, sebisa mungkin untuk memikirkan ulang membeli produk yang memiliki RAM kurang dari 4GB. 

  1. Prosesor

Prosesor bisa juga disebut sebagai otaknya laptop. Mengapa disebut otak? Ini disebabkan, semua perintah bersumber dari prosesor. Prosesor yang direkomendasikan untuk laptop yang akan kamu pakai untuk bermain game adalah intel. Salah satu sebabnya adalah prosesor ini tidak mudah panas. Sebisa mungkin pilihlah laptop dengan prosesor Intel Core i7. Tapi, jika kamu menginginkan laptop dengan prosesor lain, mialnya AMD, pilihlah seri FX atau A10. 

  1. Kartu Grafis

Kartu grafis dikenal juga dengan sebutan GPU. Ini adalah bagian yang bertanggung jawab untuk memproses dan menerjemahkan data grafis ke layar monitor. Bagi gaming laptop, peran kartu grafis sangatlah penting dan tak boleh diabaikan. 

Karena bisa-bisa kamu tak mampu bermain dengan optimal jika memiliki kartu grafis atau GPU yang buruk. Beberapa kartu grafis yang cukup populer dan memiliki kualitas yang bagus adalah NVIDIA dan AMD. Dengan kerja yang bagus, harga yang dibanderol pun tak terlalu mahal.***

Artikel Terkait