Maskapai Qatar Airline Penerbangan Penumpang Pertama Berangkat dari Afghanistan sejak penarikan AS

Qatar Airways menerbangkan penumpang dengan pesawat internasional komersial pertama yang berangkat dari bandara Kabul sejak penarikan AS

10 September 2021, 06:00 WIB

SKALA.ID – Pesawat komersial internasional pertama telah berangkat dari bandara sejak negara-negara Barat menyelesaikan evakuasi dari Afghanistan 10 hari yang lalu, dengan seorang pejabat tinggi Qatar mengatakan bandara itu “sepenuhnya beroperasi”.

Bandara ini “sekitar 90 persen siap untuk operasi tetapi pembukaan kembali direncanakan secara bertahap, Mutlaq al-Qahtani, utusan khusus Qatar untuk Afghanistan, mengatakan pada hari Kamis berbicara dari landasan.

“Ini adalah hari bersejarah dalam sejarah Afghanistan karena bandara beroperasi penuh. Kami telah menghadapi tantangan besar … tetapi sekarang kami dapat mengatakan bahwa bandara ini layak untuk navigasi, ”katanya.

Baca Juga: Presiden Rusia Vladimir Putin Sebut 20 Tahun Amerika Serikat Duduki Afghanistan Tanpa Hasil

Pesawat Qatar telah tiba di sebelumnya pada hari Kamis membawa bantuan. Itu berangkat ke Doha, Qatar dengan penumpang, termasuk sekelompok besar orang asing di dalamnya.

Pejabat Qatar sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah Taliban Afghanistan akan mengizinkan antara 100 dan 150 orang Barat, termasuk , untuk terbang keluar dari Kabul dalam beberapa jam mendatang.

Tim teknis Qatar dan Turki telah membantu memulihkan operasi di bandara, yang rusak selama evakuasi puluhan ribu orang yang kacau untuk memenuhi batas waktu penarikan pasukan AS pada 31 Agustus.

Baca Juga: Taliban umumkan pemerintahan baru Afghanistan

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid berterima kasih kepada Qatar atas bantuannya dalam membuat bandara beroperasi dan untuk bantuan kemanusiaan ke Afghanistan.

“Dalam waktu dekat, bandara akan siap untuk semua jenis penerbangan termasuk penerbangan komersial,” katanya, berdiri di samping pejabat Qatar di landasan bandara.

Artikel Terkait