Mahasiswa UNS Olah Mayones Berbahan Sederhana Cocok Untuk Program Diet Serta Penderta Kolestrol

Tahu sutra dipilih sebagai bahan dasar pembuatan mayones sebab mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan bahan baku mayonais pada umumnya.

3 September 2021, 22:23 WIB

– Inovasi mayones dari tahu sutra merupakan temuan dari tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K), UNS, , .

Mereka mendapatkan pendanaan PKM Tahun 2021 dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi () RI.

Tim yang terdiri dari Gabriel Ivo, Agissa Melatica, Rose Dwi Antika, dan Brenda Annisa dengan Bhimo Rizky Samudro sebagai dosen pembimbing, sukses membuat dari mayones yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol dan mereka yang menjalani program diet. Mayonase ini memiliki kandungan rendah lemak.

Baca Juga: Hari Pelanggan Nasional, Begini Cara Alumni SMA Negeri 3 Solo Merayakannya

Dikutip dari laman UNS.ac.id ketua tim Gabriel Ivo, sebut tahu sutra dipilih sebagai bahan dasar pembuatan mayones sebab mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan bahan baku mayonais pada umumnya.

Mayones ini dibuat dari kuning telur. Selain itu, pemanfaatan tahu sutra juga ditambahkan untuk memaksimalkan potensi tahu sutra menjadi makanan yang mempunyai nilai jual yang lebih tinggi.

“Mayones ini telah melewati uji produk di Pusat Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) ,” jelasnya.

Baca Juga: Gibran Temui Rektor UNS Pastikan Pekan Depan Perkuliahan Tatap Muka Perdana Digelar

Produknya juga dikemas dengan menggunakan jar dari kaca. Tujuannya, agar mengurangi penggunaan plastik dan supaya ramah lingkungan.

Pemasaran produk, mereka memanfaatkan promosi dan penjualan secara online melalui platform media sosial Instagram dan Facebook.

Sementara untuk proses pengiriman kepada pelanggan, timnya untuk sementara waktu masih menggunakan sistem Cash On Delivery (COD),”pungkasnya (Put) ***

Artikel Terkait