Legenda Sepak Bola Brazil Pele Telah Sembuh Setelah Jalani Perawatan Karena Alami Ganguan Pernapasan

18 September 2021, 23:49 WIB

SKALA.ID, kondisinya saat ini berangsur-angsur sehat setelah sempat dilarikan kerumah sakit karena mengalami gangguan pernapasan usai menjalani operasi tumor usus besar.

Sebelumnya, Pele sempat keluar dari rumah sakit Albert Einstein Sao Paulo pada hari Jumat dimana sang legenda itu menjalani perawatan. Namun Pele kembali dilarikan ke rumah sakit tersebut setelah megeluhkan sesak pada pernapasan.

Pesepakbola berusia 80 tahun itu awalnya dirawat di ICU, sebelum akhirnya dipindahkan ke “perawatan semi-intensif”. Namun kini kondisi Pele telah pulih.

Baca Juga: Begini Kecanggihan Stadion Lukas Enembe, Lokasi PON XX Papua

“Skenario pemulihan normal untuk pria seusianya setelah operasi seperti ini terkadang dua langkah maju dan satu langkah mundur,”terang Kely Nascimento, putri Pele,dlam akun di Instagram.

“Kemarin (Pele) lelah. Hari ini, beliau telah sehat,”imbuhnya

Nascimento juga memposting foto kejayaan ayahnya. Termasuk saat Pele menerima pala tiga kali.

Baca Juga: Tampil Gemilang, Persika Karanganyar Tutup Tour de Malang Lumat MU 2-1

Pele, yang bernama asli , adalah satu-satunya pemain dalam sejarah yang memenangkan tiga , yaitu pada tahun 1958, 1962 dan 1970. Dia dianggap oleh banyak orang sebagai pesepakbola terhebat sepanjang masa.

Pada akhir tahun 2014, ia menderita infeksi saluran kemih yang serius dan ditempatkan di ruang perawatan intensif dan menjalani cuci darah. Dia juga menderita masalah pinggul selama bertahun-tahun dan tidak bisa berjalan tanpa bantuan.

Pada 6 September, ia menjalani operasi untuk dugaan tumor usus besar, yang terdeteksi selama tes rutin. Melalui akun instagramnya, Pele menumumkan bila diriya telah sehat dan bisa meninggalkan rumah saki.

Baca Juga: Keras, Laga Tandang Persika Karanganyar vs AFA FC Malang Diwarnai Hujan Kartu Kuning dan Kartu Merah

“Untungnya, saya terbiasa merayakan kemenangan besar bersama Anda,” kata Pele kepada para penggemarnya.

“Saya akan menghadapi pertandingan ini dengan senyum di wajah saya, banyak optimisme dan kegembiraan untuk hidup dikelilingi oleh cinta keluarga dan teman-teman saya,”pungkasnya. (Ian) ***

Sumber: Al Jazeera

Artikel Terkait