LDA Kraton Kasunanan Surakarta Bagikan Zakat Fitrah dan Bingkisan Bagi Abdi Dalem

KGPH Mangkubumi putra tertua PB XIII menyerahkan Zakat Fitrah kepada salah satu abdi dalem Karaton Surakarta/istimewa

30 April 2022, 04:37 WIB

SKALA.ID – Para abdi dalem kraton Kasunanan Surakarta menerima zakat fitrah dari Lembaga Dewan Adat (LDA) Kraton Kasunanan Surakarta. Acara pembagian zakat digelar di Pagelaran Kraton Surakarta, Jumat (29/4).

Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat GKR Wandansari Koes Moertiyah sampaikan tradisi ini sudah berjalan rutin tiap tahunnya dan terus berlangsung sampai saat ini.  Meski kondisinya serba terbatas namun tidak menyurutkan maknanya.

“Untuk hari ini diserahkan 275 paket bagi abdi dalem di seputaran Solo. Sebelumnya juga memberikan 100 paket ke abdi dalem di Imogiri Yogyakarta,” jelas Gusti Wandansari. 

Lembaga Dewan Adat (LDA) kraton Kasunanan Surakarta memberikan bingkisan lebaran bagi para abdi dalem yang bertugas di lingkungan kraton. Seperti prajurit dan abdi dalem garap.  

Gusti Wandansari juga sampaikan zakat ini berasal dari para sentono (kerabat) yang peduli dengan abdi-abdi dalem Keraton yang selama ini ikut mengabdi untuk  melestarikan tradisi dan budaya di Keraton Kasunanan Surakarta.

“Tradisi penyaluran zakat ini telah berlangsung sejak tahun 2017. Berasal dari para sentono yang selama ini bersama kami di Lembaga Dewan Adat. Jadi ini swadaya dari para sentono dalem,” jelas panggilan akrabnya.  

lebih lanjut mengatakan, bahwa zakat fitrah berupa beras, merupakan kewajiban yang selalu ditunaikan setiap tahunnya menjelang hari raya Idul Fitri.

Ditambahkan , selain zakat fitrah berupa beras 2,5 kilogram, para abdi dalem juga mendapatkan paket 2 liter minyak goreng dan gula pasir. 

“Selain beras para abdi dalem juga menerima 2 botol minyak dan gula pasir.  Meski awalnya kita kesulitan mencari minyak, Alhamdulillah bisa terpenuhi juga,” imbuhnya.***

Artikel Terkait