Layanan KRL Terbaru, Pengguna Bisa Duduk Tanpa Berjarak.

Aturan terbaru naik KRL, boleh duduk tanpa jarak

9 Maret 2022, 20:19 WIB

SKALA.ID – Kereta komuter di wilayah aglomerasi termasuk KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta – diperkenankan melayani pengguna hingga 60% dari kapasitas.

Hal tersebut sesuai aturan terbaru dari pemerintah yaitu Surat Edaran Kemenhub Nomor 25 tahun 2022. Dalam aturan tersebut, Ini merupakan peningkatan setelah sebelumnya hanya melayani 45% dari kapasitas.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba sebut peningkatan kapasitas ini juga ditandai dengan pengguna kini dapat duduk tanpa berjarak.

Petugas KAI Commuter telah mencabut dan membersihkan tempat duduk di KRL dari marka jaga jarak yang sebelumnya ada. Dengan dihapusnya marka pada tempat duduk, KAI Commuter mengajak pengguna untuk lebih disiplin mengikuti marka berdiri.

Jalur Kereta Melintas di Tengah Kota Solo, PT KAI Ingatkan Jangan Parkir di Atas Rel

“Marka berdiri tetap berlaku sejalan dengan pembatasan kapasitas yang diatur dalam SE Kemenhub,” jelasnya dalam rilis tertulisnya, Rabu (9/3/2022).

Selain itu anak usia di bawah lima tahun (balita) yang sebelumnya belum diizinkan menggunakan KRL, kini sudah dapat kembali naik KRL dengan syarat didampingi orang tua dan mengikuti protokol kesehatan secara ketat serta menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk.

“KAI Commuter menghimbau pengguna untuk tetap mengutamakan kesehatan anak terutama yang belum divaksin dan, menghindari mobilitas kecuali untuk urusan penting maupun mendesak,” imbuhnya.

Ternyata Ini Manfaat Aplikasi PeduliLindungi Bagi Masyarakat

Meskipun terdapat aturan perjalanan yang lebih fleksibel, sejalan dengan penanganan pandemi Covid-19 yang membaik, pengguna KRL tetap perlu mengikuti aturan dan protokol kesehatan.

Artikel Terkait