Kondisi Masih Pandemi Covid 19, Pemkot Semarang Tidak Menggelar Open House

Lebaran 2022, Pemkot Semarang tidak menggelar Open House/dok. Humas Pemkot Semarang

28 April 2022, 07:30 WIB

SKALA.ID – Lebaran masih dalam kondisi pandemi Covid 19, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memastikan tidak akan menggelar  pada Idulfitri 2022.

Dirinya menyebut, tidak ada acara khusus usai salat Idulfitri nanti. Selama lebaran, yang diijinkan adalah halal bihalal. Namun, kegiatan halal bihalal juga dibatasi, dan harus tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Tidak boleh makan prasmanan, tidak saling bertukar hampers, dan lainnya. Kami pikir ini kaya kondangan pernikahan. Dari pada ribet, yang penting kalau ketemu di jalan saling bermaaf-maafan,” ucap .

Namun, lanjut , pihaknya mempersilakan masyarakat yang hendak menggelar silaturahmi saat Lebaran. Hanya, perlu hati-hati dan waspada mengingat kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir. Dia meminta masyarakat yang hendak menggelar silaturahmi saat Lebaran, untuk memastikan situasi tempat kumpul benar-benar menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau mereka antarmasyarakat, menurut saya silakan saja boleh, cuma perlu hati-hati dan waspada. Pakai masker, jaga jarak jangan lupa,” tegas Hendi.

Untuk menekan penyebaran Covid 19 saat Lebaran, dia mendorong masyarakat untuk segera melakukan vaksin booster atau dosis ketiga. Sehingga, saat berkumpul melakukan silaturahmi, bisa lebih aman dan meninimalisasi terjadinya penularan Covid-19.

“Syukur-syukur booster. Kalau belum booster tidak usah dekat-dekat dulu. Mari bersama-sama mempersiapkan warga, teman, saudara, untuk bisa menghadapi disiplin prokes,” pungkas Hendi. ***

Artikel Terkait