Kepolisian Dua Negera, Indonesia dan Selandia Baru Teken MoU Kerjasama Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan Transnasional

6 Desember 2021, 17:11 WIB

SKALA. ID – Kerjasama dua negara untuk pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional serta peningkatan kapasitas dilaksanakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan kepolisian Negara

Penandatanganan kerjasama institusi penegak hukum dari dua negara ini dilaksanakan secara Offline dan Online di Gedung , Jakarta Selatan, Senin (6/12/2021). 

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sampaikan kerjasama ini bergerak dari perkembangan lingkungan strategis (lingstra) yang terus berubah dengan cepat dan tidak menentu. Sehingga, berdampak terhadap stabilitas keamanan.

Baca Juga: Keren! Operasi Zebra di Karanganyar, Polisi Bagikan Sembako Pada Pengemudi Angkot

Terlebih lagi saat ini, modus kejahatan terus berkembang dan kejahatan berdimensi baru muncul seiring dengan perkembangan teknologi. 

Dan kejahatan tidak lagi mengenal batas antar-negara. Karenanya, kerjasama antar-kedua negara dalam pencegahan dan pemberantasan kejahatan sangat diperlukan.

“Hari ini kita hadir dalam pertemuan penandatanganan kerja sama dalam pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional serta peningkatan kapasitas,” jelas Listyo Sigit dalam sambutannya.

Baca Juga: Gelar Operasi, 33 Motor Berknalpot Brong Diamankan Polisi 

Disamping itu kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepolisian dikedua negara, utamanya dalam menangani terorisme, perdagangan narkoba, penyelundupan ilegal, kejahatan ekonomi dan pencucian uang, kejahatan siber. 

“Termasuk kejahatan transnasional lainnya,” lanjut Kapolri.  

Kerjasama di bidang keamanan antara Polri dan kepolisian telah lama terjalin, saja tahun 2011 lalu. Diantaranya adalah, 8 kelompok kerja bilateral atau Bilateral Working Group, 24 program peningkatan kapasitas dalam bentuk studi banding, S2, dan kursus singkat.

Baca Juga: Polisi : Kasus Campur Sperma Ke Makanan, Jalan Terus

Lalu, 19 kegiatan pertukaran informasi kriminal dan lima kerjasama penegakan hukum seperti operasi militer kewilayahan, deportasi dan penyidikan bersama.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Selandia Baru, Komisioner Mr.

Andrew Coster secara virtual menyatakan apresiasinya terhadap Polri, terkait dengan fokus untuk menanggulangi kejahatan transnasional tersebut.

Baca Juga: Bentangkan Poster Jelang Kedatangan Presiden Jokowi, Sejumlah Mahasiswa UNS Diamankan Polisi

“Saya sangat senang bahwa penandatanganan ini dapat dilaksanakan. Selama 1 dekade terakhir kita telah melaksanakan kerja sama yang baik sekali. Dengan adanya MoU yang kita perbarui ini tentu kita dapat memfokuskan kerja sama kepada hal-hal dan kejahatan yang sudah lazim terjadi pada akhir-akhir ini,” kata Andrew.

Andrew menambahkan salah satu kejahatan transnasional yang menjadi atensi salah satunya adalah peredaran narkotika serta tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Juga ekstrimisme kekerasan dan penyelundupan atau perdagangan manusia,” pungkasnya.***

Artikel Terkait