Kenalkan Tenun Ikat Khas Kediri, Agar di Kenal Dunia

Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, ada banyak yang terlibat untuk mewujudkan hasil karya Jatim bisa mendunia

25 Agustus 2021, 00:17 WIB

SURABAYA – Gubernur Khofifah saat hadiri Dhoho Street Fashion sebut provinsi Jawa Timur memiliki beragam kekayaan industri kreatif, seperti , yang ada di hampir seluruh Kabupaten Kota, serta memiliki ciri khas tersendiri.

Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, ada banyak yang terlibat untuk mewujudkan hasil karya bisa mendunia. Salah satunya adalah Tenun Ikat Kediri, yang menjadi warisan budaya dan didorong untuk masuk industri fashion dunia.

Semua harus saling bersinergi. Antara lain, adanya produsen atau pembuat tenun, kemudian ada desainer yang merancang kain tenun menjadi busana, serta even even skala nasional dan internasional.

Baca Juga : Tutup Lokasi Isolasi Terpusat, Walikota Gibran Ubah Solo Technopark Jadi Kantor Marketplace

“Ada produsen, itu penenun ikat di sini. Kalau mereka tidak sering ketemu buyer, kalau mereka tidak sering ketemu desainer, maka kemungkinan, desainnya, motif motifnya monoton,” katanya, seusai mengikuti gelaran Dhoho Street Fashion.

Dengan bertemu dengan para desainer, Khofifah yakin jika para pengrajin atau penenun ini, akan mengetahui kebutuhan pasar, dan mengenali tren warna yang sedang digemari.

Dengan begitu, produktifitas para penenun ini, akan semakin banyak.

Artikel Terkait