Kemendikbud RI Usulkan Jamu Jadi WBTB ke UNESCO 

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kampanyekan minum jamu/dok Humas Pemprov

8 April 2022, 22:19 WIB

SKALA.ID – Minum traditional sudah menjadi budaya di berbagai wayah di Indonesia tidak terkecuali masyarakat Jawa.

Di Jawa Tengah, budaya minum dan memproduksi minuman herbal ini, telah mendarah daging, bahkan sudah ditetapkan sebagai Tingkat Nasional 2019.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengusulkan Budaya Sehat sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ke .

Solo Bagikan Minyak Goreng Dan Sekaligua Vaksin Booster

Kabid Pembinaan Kebudayaan Disdikbud Jateng Eris Yunianto mengatakan, pengusulan budaya minum ke tingkat internasional, bermula dari Jateng. Usulan tersebut sudah dimulai pada 2018, dan ditetapkan sebagai WBTB Nasional pada tahun 2019.

“Pada 2019 jamu usulan dari Gabungan Pengusaha (GP) Jateng yang difasilitasi oleh Disdikbud Jateng, mengusulkan jamu sebagai WBTB. Kemudian jamu Jateng ditetapkan Kemendikbud RI layak sebagai WBTB Indonesia, dengan SK No 362/M/2019 tanggal 24 September 2019,” ujarnya, Jumat (8/4/2022) dilansir dari laman Jatengprov.go.id

Dari penetapan tersebut, pada 2021 GP Jamu Indonesia mengusahakan agar Budaya Indonesia berkompetisi pada WBTB tingkat internasional melalui UNESCO. Akhirnya, pada 7 April 2022, Kemendikbud menetapkan Budaya Minum Jamu sebagai Duta Indonesia berkompetisi dalam Intangible Culture Heritage (ICH) 2022.

Kemenperin-Polri Bentuk Satgas Untuk Awasi Produksi dan Distribusi MGS Curah

Eris mengatakan, Pemprov Jateng telah memasyarakatkan budaya minum jamu sejak 2019. Itu dilakukan dengan membudayakan gerakan minum jamu pada lima lokasi yakni, Setda Provinsi Jateng, Dinkes Jateng, Disdikbud Jateng, Diskop UKM, dan Disporapar Jateng.

“Kami juga menggelorakan gerakan Jamu Goes To School, Jamu Goes to University. Selain itu ada sembilan rumah sakit yang menyediakan pojok jamu. Adapula anjuran kepada hotel untuk menyediakan welcome drink berbahan jamu,” imbuh Eris.

Artikel Terkait