Keangkeran Watu Genuk dan Pageblug Puluhan Ternak Mendadak Mati

15 Maret 2022, 06:30 WIB

SKALA.ID – Keangkeran dan puluhan mendadak mati menjadi kisah mistis terkait situs Watu Genuk muncul dikalangan Dusun Watu Genuk, Kragilan, Mojosongo, Boyolali dimana batu itu yang paling sering diceritakan, yakni keangkeran.

Beberapa puluh tahun yang lalu, batu arca tersebut pernah dicoba untuk dipindah warga sebagai pajangan di gapura masuk desa.

“Namun situs Watu Genuk itu ternyata tidak kuat diangkat puluhan warga, karena sangat berat, maka urung dipindahkan” Sriyono (62), salah seorang warga sekitar juga ditambahkan, saat yang bersamaan, puluhan ekor kambing serta sapi piaraan warga sekitar, mendadak mati, sehingga membuat geger dan warga menjadi sangat takut.

Ini Salah Satu Budaya Asli Indonesia Penuh Mistis dari Tanah Maluku

Karena merasa was-was, kawatir dan panik, akan terjadinya pageblug didesanya. Maka warga segera memanggil seorang sesepuh desa, yang dianggap dan selama itu dikenal sangat mumpuni (pintar) dalam ilmu supranatural.

Kyai ini mengatakan, penyebab pageblug kematian hewan-hewan itu, karena warga telah berniat memindah situs Watu Genuk. Cerita aneh yang lain, pada waktu tertentu kerap terdengar suara gamelan mengalun nyaring dari lokasi situs Watu Genuk.

Menurut warga setempat, dulu sekitar tahun 1966, memang bisa dijumpai batu-batu di lokasi yang wujudnya mirip gamelan. Namun entah bagaimana ceritanya, batu-batu gamelan tersebut perlahan-lahan raib satu demi satu.

Disebut Sirkuit Paling Aman di Dunia, Mandalika Terus Berbenah Jelang Pertamina Grand Prix of Indonesia

Tetapi sebagian ada yang diamankan warga atau dipinjam sebagai sarana atau simbol ibadah, terutama bagi warga yang masih menganut agama Hindu. Namun sebagian lagi hilang entah kemana.

Warga setempat percaya, bahwa situs Candi Watu Genuk itu, dulunya memang dipakai sebagai tempat peribadatan Umat Hindu. Terutama di wilayah Desa Kragilan dan sekitarnya.

Artikel Terkait